Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T13:30:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diawal abad ke 19 belanda melaksanakan politik balas budi yang salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada sebagian rakyat indonesia terutama kaum priyayi dan bangsawan untuk mengecap pendidikan. Akibatnya terdapat beberapa rakyat indonesia yang melek pendidikan sehingga kemudian pikirannya terbuka sehingga mampu menganalisa kegagalan perjuangan melawan penjajah yang salah satunya adalah karena tidak adanya persatuan. Dari pemikiran itu maka para pemuda mengadakan suatu kongres untuk menyatukan cita-cita perjuangan secara bersama sehingga tercetus ikrar sumpah pemuda tahun 1928.
Kesimpulan : perlawanan melawan penjajah Belanda sudah dilakukan oleh rakyat di seluruh wilayah Nusantara(Indonesia) sejak kedatangan Belanda keIndonesia. Hanya sifatnya yang berbeda, kalau sebelum abad ke 19 bersifat kedaerahan dan dilakukan dengan perang, sedangkan sejak abad ke 19 bersifat nasional serta dengan cara diplomasi/ mendirikan organisasi politik dan sosial.
11 3 11
2014-04-24T13:45:07+07:00
Bersifat kedaerahan dengan perlawanan fisik.
menggunakan senjata tradisional
4 3 4