Jawabanmu

2014-04-24T13:04:39+07:00
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan jasa, nilai atau manfaat melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran. Evaluasi pembelajaran mencakup pembuatan atau peninbangan jasa, nilai atau manfaat program, hasil dan proses pembelajaran. 

Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran Tujuan utama evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data tentang jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran. Sejumlah informasi atau data yang diperoleh melaluievaluasi pembelajaran inilah yang kemudian difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran dan akreditasi. 
a. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan 
Fungai dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan pembelajaran dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran diunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran. 
b. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi 
Akreditasi dapat diartkan sebagai suatu proses dimana suatu program atau institusi diakui sebagai basan yang sesuai dengan beberapa standar yang telah disetujui. Fungsi dan tujuan evaluasi hasil belajare untuk akreditasi dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar akreditasi lembaga pendidikan 

Sasaran evaluasi pembelajaran Sasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek-aspek yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian sasaran evaluasi pembelajan meliputi : tujuan pengajaran, unsur dinamis pembelaaran, pelaksnaan pembelajaran, dan kurikulum. 

Tujuan pembelajaran merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang perlu diperhatikan karena unsur/aspek pembelajaran yang lain selalu bermula dan bermuara pada tujuan pengajaran. Hal-hal yang perlu dievaluasi pada tujuan pengajaran adalah penjabaran tujuan pengajaran, rumusan tukuan pengajaran dan unsure-unsur tujuan pengajaran. Unsur dinamis pembelajaran merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang kedua. Yang dimaksud dengan unsure dinamis penbelajaran adalah sumber belajaratau komponen sistem intruksional yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sumber-sumber belajar dibedakan menjadi dua jenis yaitu : sumber belajar yang dirancang yakni sunber belajar yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen pembelajaran untuk memberikan kemudahan/fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal, dan sumber belajar yang kedua yakni sumber belajar yang dimanfaatkan yakni sumber belajar yang tidak secara khusus dirancang untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk keperluan belajar. Pelaksanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai interksi antara sumber belajar dengan siswa. Dengan demikian dalam mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, kita sebenarnya menentukan seberapa derajat interaksi antara siswa dengan beberapa sumber belajar dan seberapa derajat interksi sumberbelajar dengan tujuan pembelajaran. Kurikulum dipandang sebagai rencana tertulis yakni seperangkat kompnen pembelajaran yang diuraikan secara tertulis pada bahan tercetak atau buku.  
2 1 2