Jawabanmu

2014-04-24T10:28:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
 Untuk mengetahui hewan apa sajaa yang sudah punah, lihat dibawah.

1. Harimau Jawa


Harimau Jawa atau Java Tiger (Panthera tigris sondaica) adalah jenis harimau yang hidup di pulau Jawa. Harimau ini dinyatakan punah pada tahun 1980-an, akibat perburuan dan perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitat binatang ini secara drastis. Walaupun begitu, ada juga kemungkinan kepunahan ini terjadi di sekitar tahun 1950-anketika diperkirakan
hanya tinggal 25 ekor jenis harimau ini di habitatnya. Terakhir kali ada sinyalemen keberadaan Harimau Jawa ialah di tahun 1972. Di tahun 1979, ada tanda-tanda bahwa tinggal 3 ekor harimau hidup di pulau Jawa. Walaupun begitu, ada kemungkinan kecil binatang ini belum punah. Di tahun 1990-an ada beberapa laporan tentang keberadaan hewan ini, walaupun hal ini tidak bisa diverifikasi. 

Harimau Jawa berukuran kecil dibandingkan jenis- jenis harimau lain. Harimau jantan mempunyai berat 100-141 kg dan panjangnya kira-kira 2.43 meter. Betina berbobot lebih ringan, yaitu 75-115 kg dan sedikit lebih pendek dari jenis jantan.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mamalia. Ordo: Carnivora. Famili: Felidae. Genus: Panthera. Spesies: Panthera tigris. Upaspesies: Panthera tigris sondaica. Nama trinomial: Panthera tigris sondaica. (Temminck, 1844)

2. Harimau Bali



Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah subspesies harimau yang sudah punah
dan pernah mendiami pulau Bali, Indonesia.
Harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-
spesies harimau di Indonesia bersama dengan
harimau Jawa (juga telah punah) dan harimau 
Sumatera (spesies terancam).

Harimau ini adalah harimau terkecil dari ketiga 
sub-spesies; harimau terakhir ditembak pada tahun 1925, dan sub-spesies ini 
dinyatakan punah pada tanggal 27
September 1937. Sub-spesies ini punah karena kehilangan habitat dan perburuan.

Sangat disayangkan sekali hewan langka seperti diatas masih diburu oleh manusia ,dan akhirnya punah juga :).