Jawabanmu

2014-04-24T06:37:54+07:00
1. Sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan.
Beberapa jenis tumbuhan paku dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku dalam membuat obat-obatan. Jenis-jenis tumbuhan paku tersebut diantaranya adalah : 
- Lycopodium clavatum
- Aspidium sp
- Dryopteris filix-mas

2. Sebagai sayur-mayur yang sehat
Beberapa jenis tumbuhan paku seperti Marsilea crenata (semanggi) dan Salvinia natans (pakusampan  atau kiambang) dapat dimanfaatkan sebagai sayuran yang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Bisa dimakan langsung sebagai lalap atau pun dimasak sebagai sayur lodeh.

3. Sebagai Pupuk Hijau
Tumbuhan paku juga dapat kita manfaatkan untuk membuat pupuk hijau. Beberapa jenis tumbuhan paku yang dipakai untuk membuat pupuk ini diantaranya adalah Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan anabaena azollae (gangang biru). Pupuk dari tumbuhan paku ini bisa menyuburkan tanaman sebagai alternatif pengganti pupuk kimia.

4. Sebagai tanaman hias
Selain beberapa manfaat di atas, tumbuhan paku bisa juga dimanfaatkan sebagai sebuah tanaman hias. Rumah anda bisa terlihat indah oleh tumbuhan paku jenis ini. Berikut adalah jenis tumbuhan paku yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.
Platycerium nidus (paku tanduk rusa)Asplenium nidus (paku sarang burung)Adiantum cuneatum (suplir) Selaginella wildenowii (paku rane) 
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T06:39:47+07:00
Temulawak, sambiloto, bawang putih
6 4 6