Jawabanmu

2014-04-23T23:43:33+07:00
Untuk memperbaiki kondisi lahan yang rusak akibat kegiatan pertambangan dapat dilakukan berbagai cara, salah satunya dengan reklamasi. Reklamasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki lahan pasca penambangan, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan revegetasi. Revegetasi sendiri bertujuan untuk memulihkan kondisi fisik, kimia dan biologis tanah tersebut. Namun upaya perbaikan dengan cara ini masih dirasakan kurang efektif, hal ini karena tanaman secara umum kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan ekstrim, termasuk bekas lahan tambang. Oleh karena itu aplikasi lain untuk memperbaiki lahan bekas tambang perlu dilakukan, salah satunya dengan mikroorganisme.
2014-04-23T23:43:40+07:00
Tergantung rusaknya fisik atau karena Kimia..  

A.    
Rehabilitas Kerusakan Sifat Fisik tanah
Kerusakan sifat fisik tanah umumnya diakibatkan oleh memburuknya struktur tanah. Kerusakan struktur dimulai dengan penurunan kestabilan agregat tanah. Hal itu diakibatkan oleh kikisan air hujan dan aliran permukaan. Berkurangnya kualitas kestabilan agregat tanah diiringi penurunan kandungan bahan organik, aktivitas perakaran vegetasi, dan jumlah mikroorganisme tanah. Tindakan untuk memperbaiki kerusakan sifat fisik tanah sebagai berikut :
a. pengolahan tanah secara berkala untuk menghindari pergerakan tanah.
b. peningkatan kandungan bahan organik tanah melalui variasi seresah (dedaunan     kering) dari vegetasi penutup lahannaya
c. peningkatan keanekaragaman tanaman untuk memperbaiki sistem persebaran perakaran.  

B.     
Rehabilitas Kerusakan Kimia dan Biologi Tanah
Kerusakan tanah pada sifat kimia dan biologi ditandai dengan penurunan kandungan bahan organik dan kenaikan kadar asam tanah. Tindakan perbaikan dilakukan dengan cara antara lain pemberian jerami dan zat kapur. Pemberian jerami dapat meningkatkan aktivitas mikroba yang membusukkan bahan-bahan tanah dan menghasilkan bahan organik. Pemberian zat kapur dapat membantu menetralisasi kadar keasaman pada tanah.