Jawabanmu

2014-01-21T22:33:31+07:00
Contoh 1.1: Suatu penelitian untuk melihat kebiasaan melakukan 3M dan kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) dalam satu bulan terakhir pada 100 orang penduduk sebuah desa. Hasil pengamatan disajikan dalam betuk tabel silang (2 x 2) berikut : Tabel 1.2. Kebiasaan Menguras Bak Mandi dan Kejadian DBD di Desa X Bulan Januari 2010     Kejadian DBD Kebiasaan Melakukan 3M Jumlah Ya   Tidak Ada 3   15 18 Tidak ada 17   65 82 Jumlah 20   80 100   Dalam kasus ini, kebiasaan melakukan 3M merupakan pajanan, sedangkan penyakitnya adalah kejadian DBD.
maksud soalnya bagaimana cara untuk mengatasi kesehatan reproduksi dengan menerapkan ilmu epidemiologi ?
2014-01-21T23:46:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Peran Epidemiologi dalam Kesehatan Masyarakat Meninjau dari penjelasan tentang pengertian epidemiologi, serta ruang lingkupnya, seorang ahli epidemiologi atau epidemiolog memiliki peran-peran penting dalam kesehatan masyarakat. Ada beberapa peranan epidemiologi dalam kesehatan masyarakat, diantaranya adalah: 1. Mencari /mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi timbulnya gangguan kesehatan atau penyakit dalam suatu masyarakat tertentu dalam usaha mencari data untuk penanggulangan serta cara pencegahannya. 2.  Menyiapkan data / informasi untuk keperluan program kesehatan dengan menilai status kesehatan dalam masyarakat serta memberikan gambaran tentang kelompok penduduk yang terancam. 3.   Membantu menilai beberapa hasil program kesehatan. 4.   Mengembangkan metodologi dalam menganalisis penyakit serta cara mengatasinya, baik penyakit perorangan ( tetapi dianalisis dalam kelompok ) maupun kejadian luar biasa ( KLB ) / wabah dalam masyarakat. Epidemiologi memiliki kontribusi yang banyak bagi pelayanan kesehatan yaitu pada proses perencanaan dalam mengidentifikasi kebutuhan masalah kesehatan. Dalam hal ini,  kontribusi epidemiologi yang berperan disini adalah epidemiologi deskriptif (person, place, time), deskripsi masalah kesehatan, demografi, dan analisis etiologi.Menunjuk dalam Healthy people (Alan Dever 1984) : secara umum dijelaskan bahwa untuk memperbaiki kesehatan penduduk, hal itu harus disusun kembali dalam prioritas perawatan kesehatan dengan penekanan lebih besar pada pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Dalam proses pembangunan kesehatan saat ini di butuhkan epidemiologi sebagai penyedia data base untuk mengetahui besaran masalah kesehatan.. Analisis-analisis data kesehatan tersebut menjadi dasar pertimbangan dalam membuat perencanaan kesehatan. Namun, ada sebuah pertanyaan yang menjadi penting dalam proses perencanaan kesehatan ini. Perencanaan kesehatan perlu untuk dipikirkan ketepatan strateginya. baik dalam pelayanan promosi, preventif dan dari segi kuratif dan rehabilitatifnya. Semua orang yang terlibat dalam perencanaan kesehatan seharusnya tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan langsung oleh rakyat yang sebenarnya.Agar Teori dan kenyataan dilapangan dapat berjalan sebagaimana seharusnya.)
1 2 1