Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-23T17:58:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
EKOSISTEM Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Lingkungan menjadi tempat tinggal makhluk hidup yang disebut habitat. Lingkungan terdiri dari lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan), sedangkan lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang terdiri dari benda tak hidup (tanah, air, udara, cahaya matahari, suhu, kelembaban udara, grafitasi bumi dan sebagainya).Satu kesatuan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dimana terjadi saling interaksi diantara keduanya merupakan ekosistem.Menurut asal terjadinya ekosistem terdiri dari :a. ekosistem alami, contoh: ekosistem sungai, ekosistem laut, ekosistem  hutanb. ekosistem buatan, contoh : ekosistem sawah, ekosistem bendunganMenurut tempatnya ekosistem terdiri dari :a. ekosistem darat, contoh : ekosistem sawah, ekosistem kebun, ekosistem hutanb. ekosistem air, contoh : ekosistem danau, ekosistem laut, ekosistem sungai.A. Satuan-satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem    
1. Individu
         Individu adalah makhluk hidup tunggal yang berdiri sendiri, misalnya  seekor         kambing, seorang manusia, sebatang pohon.    2. Populasi         Populasi adalah sekelompok individu sejenis yang mendiami suatu wilayah atau         daerah tertentu. Misalnya sekelompok burung merpati,sekelompok  rusa, populasi         padi di sawah, dan sebagainya.   
3. Komunitas
         Komunitas adalah beberapa populasi yang berada di suatu daerah atau wilayah         tertentu. Contoh komunitas : komunitas kebun yang terdiri dari populasi pohon,        populasi semut, populasi belalang.
B. Komponen-komponen Penyusun Ekosistem    
1. Produsen
           
Produsen merupakan komponen penyusun ekosistem yang berperan
 menyediakan energi dalam bentuk makanan bagi komponen ekosistem yang lain.Yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem adalah tumbuhan hijau.      Tumbuhan hijau dapat memanfaatkan energimatahari secara langsung melalui      proses fotosintesis yang akan menghasilkan karbohidrat (zat makanan). Tumbuhan      hijau disebut juga organisme autotrof yaitu organisme yang dapat membuat      makanan sendiri. Produsen di ekosistem darat misalnya semua pohon atau      tumbuhan, produsen di ekosistem air misalnya alga atau fitoplankton.    
2. Konsumen
            Konsumen merupakan komponen ekosistem yang berperan sebagai pemanfaat      atau pemakai. Konsumen disebut juga organisme heterotorof yaitu organisme yang      tidak dapat membuat makanan sendiri. Yang berperan sebagai konsumen di dalam      ekosistem adalah semua hewan dan tumbuhan heterotrof.           
Dalam ekosistem konsumen terdiri dari konsumen I, konsumen II, Konsumen III.      Berdasar kan jenis makanannya hewan dibagi menjadi 3 kelompok :·         herbivora  adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Merupakan konsumen I. Contohnya : Sapi, kelinci, belalang daun, kupu-kupu, siput.·         omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan maupun hewan(daging). Merupakan konsumen I atau konsumen II. Contohnya : tikus, musang, kera.·         karnivora adalah hewan pemakan hewan (daging). Merupakan konsumen II atau konsumen III. Contoh : cicak, kucing, harimau, belalang sembah, laba-laba.     3. Dekomposer (Pengurai)            Dekomposer atau pengurai adalah komponen ekosistem yang berperan      menguraikan sisa-sisa makhluk hidup dan mengubahnya menjadi zat-zat anorganik      sehingga dapat dimanfaatkan kembali oleh tumbuhan atau produsen. Yanng      berperan sebagai dekomposer di dalam ekosistem adalah mikroorganisme (bakteri      dan jamur saprofit)
21 3 21
Maaf sepertinya aku bukan mencari pengertiannya..
2014-04-23T18:01:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Di kolam ikan : lumut-ikan-bangau
lapangan: rumput-sapi atau kambing atau domba -singa -pengurai
16 3 16