Jawabanmu

2014-04-23T16:22:21+07:00
A. PenyebabPencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapasebab, di antaranya sebagai berikut.1. Sampah plastik, pecahan kaca, logam maupunkaret yang ditimbun dalam tanah.2. Sisa pestisida dari kegiatan pertanian yangmeresap ke tanah.3. Limbah deterjen yang dibuang ke tanah.4. Pengikisan lapisan humus (topsoil) oleh air.5. Deposit senyawa asam dari peristiwa hujanasam.b. DampakSampah plastik, pecahan kaca, logam dan karet yangditimbun dalam tanah sulit diuraikan pengurai dalam tanah.Keberadaannya dalam tanah dapat menurunkan kesuburantanah.Pembuangan limbah deterjen dan kandunganpestisida dalam tanah dapat membunuh organisme penguraidalam tanah sehingga mengganggu proses penguraiansenyawa organik.Terkikisnya lapisan humus dari permukaan tanahdapat menurunkan produktivitas tanah, tanah menjadikurang subur. Deposit senyawa asam dari hujan asamdapat menyebabkan perubahan derajat keasaman (pH)tanah, hal ini berdampak pada aktivitas organisme penguraidalam tanah. Perubahan keasaman tanah ini jugaberpengaruh tidak baik terhadap penyerapan zat hara daritanah oleh tumbuhan.c. Pencegahan dan penanggulanganPencegahan pencemaran tanah bisa diupayakandengan melakukan daur ulang sampah plastik, logam, kaca,karet. Limbah deterjen sebaiknya jangan dibuang ke tanah,tetapi ditampung ke dalam bak penampungan untukselanjutnya dilakukan pengendapan, penyaringan, danpenjernihan. Untuk menghindari pengikisan lapisan humusoleh air hujan dapat dilakukan dengan menjaga kelestariantanaman, karena tanaman dapat menyerap air, seresahdedaunan yang dihasilkan dapat menyerap dan menahanair, serta perakarannya dapat menahan dan mengikat tanahagar tidak mudah tererosi.
2 4 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-23T16:23:04+07:00
1. -kualitas tanah berkurang -kesuburan tanah berkuarang 2. -pembuangan sampah sembarangan -pembuangan limbah tanpa pengolahan terlebih dahulu 3. -tidak membuang sampah sembarangan -Memilah sampah - daur ulang
2 4 2