Pengukuran dalam fisika terbentang mulai dari ukuran partikel yang sangat kecil, seperti massa elektron, sampai dengan ukuran yang sangat besar, seperti massa bumi. Penulisan hasil pengukuran benda sangat besar, misalnya massa bumi kira-kira 6.000.000.000 000.000.000.000.000 kg atau hasil pengukuran partikel sangat kecil, misalnya massa sebuah elektron kira-kira 0,000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.911 kg memerlukan tempat yang lebar dan sering salah dalam penulisannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat menggunakan notasi ilmiah.

mohon jawabannya

2

Jawabanmu

2014-04-23T15:24:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pengukuran dalam fisika terbentang mulai dari ukuran partikel yang sangat kecil, seperti massa elektron, sampai dengan ukuran yang sangat besar, seperti massa bumi. Penulisan hasil pengukuran benda sangat besar, misalnya massa bumi kira-kira 6.000.000.000 000.000.000.000.000 kg atau hasil pengukuran partikel sangat kecil, misalnya massa sebuah elektron kira-kira 0,000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.911 kg memerlukan tempat yang lebar dan sering salah dalam penulisannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat menggunakan notasi ilmiah.
...
notasi ilmiah berguna untuk mempersingkat penulisan hanya dg angka pentingnya saja
contoh:

0,000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.911 dapat dituliskan  911 .10³³ kg
2 3 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-23T15:28:57+07:00
Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat menggunakan notasi ilmiah


Dalam notasi ilmiah, hasil pengukuran dinyatakan sebagai : a, …..  x  10^{n}

Keterangan :
a adalah bilangan asli mulai dari 1 – 9
n disebut eksponen dan merupakan bilangan bulat
 10^{n} menunjukkan orde

Aturan penulisan hasil pengukuran menggunakan notasi ilmiah

a) Untuk bilangan yang lebih dari 10, pindahkan koma desimal ke kiri. Eksponennya bertanda positif
Contoh :
210000000 m = 2,1 x
 10^{8} m
62400,1 m = 6,24001 x
 10^{4} m = 6,2 x  10^{4} m
33000 m = 3,3 x
 10^{4} m

b) Untuk bilangan yang kurang dari 1, pindahkan koma desimal ke kanan. Eksponennya bertanda negatif.
Contoh :

0,0045 m = 4,5 x  10^{-3} m
0,000000234 m = 2,34 x
 10^{-7} m = 2,3 x  10^{-7} m
0,0001075 m = 1,075 x
 10^{-4} m = 1,1 x  10^{-4} m













1 5 1