Kapak lonjong merupakan hasil kebudayaan zaman neolitikum, yang terbuat dari batu kali dan nefrit. Kebudayaan zaman neolitikum jauh lebih maju dibandingkan dengan zaman sebelumnya, karena pada masa itu senjata seperti kapak lonjong sudah menggunakan pegangan yang terbuat dari kayu, dan bambu.

Jawabanmu

2014-04-22T20:13:29+07:00
Kapak lonjong merupakan hasil kebudayaan zaman neolitikum, yang terbuat dari batu kali dan nefrit. Kebudayaan zaman neolitikum jauh lebih maju dibandingkan dengan zaman sebelumnya, karena pada masa itu senjata seperti kapak lonjong sudah menggunakan pegangan yang terbuat dari kayu, dan bambu.Kapak Lonjong yang dipasang pada tangkai.Menurut ilmu arkeologi salah satu pembagian zaman yang terjadi pada zaman prasejarah adalah zaman neolitikum. Zaman ini dikatakan jauh lebih baik dari zaman sebelumnya yaitu zaman paleolitikum, hal ini bisa dikatakan lebih baik karena hasil peralatan yang ditemukan pada zaman ini lebih maju.Zaman neolitikum menghasilkan beberapa kebudayaan yang salah satunya adalah kebudayaan kapak lonjong. Kapak lonjong ini dikatakan jauh lebih maju apabila dibandingkan dengan kebudayaan zaman paleolitikum, yaitu kebudayaan kapak genggam dan kapak perimbas.Tradisi kapak lonjong dapat diduga lebih tua daripada tradisi beliung persegi. Bukti-bukti stratigrafis telah ditunjukkan oleh T. Harrison dalam ekskavasi yang dilakukan di Gua Niah, Serawak, dan menurut pertanggalan C-I4 yang diperolehnya, kapak lonjong ditemukan dalam lapisan tanah yang berumur ± 8.000 BP.Kapak ini bentuk umumnya lonjong dengan pangkal agak runcing dan melebar pada bagian tajaman. 
1 5 1
2014-04-22T20:14:49+07:00
Kapak lonjong memiliki penampang berbentuk lonjong . bagian yang tajam diasah dari 2 sisi dan diberi tangkai seperti kapak penebang kayu sekarang. sisi depan lebih melebar dan diasah sampai tajam pada ke2 sisinya sampai menghasilkan bentuk tajjaman yang simetris
1 5 1