rumah adat dulohupa adalah panggung yang terbuat dari papan dengan bentuk atap artistik dilengkapi pilar-pilar kayu sebagai hiasan. Tangga rumah panggung ini berada di sisi kiri dan kanan yang disebut totihu. Di dalam rumah adat dulohupa masyarakat adat gorontalo menggelar perlengkapan upacara adat perkawinan berupa pelaminan, busana adat pengantin, dan perhiasan lainnya.

Jawabanmu

2014-04-22T20:17:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Nama dolohupa memiliki arti mufakat yang artinya dolohupa merupakan tempat untuk bermusyawarah. tapi saat ini dolohupa digunakan untuk acara pernikahan. Bangunan rumah ini memiliki bangunan yang khas yang dapat disebut sebagai rumah musyawarahRumah adat Dulohupa yang merupakan rumah panggung adalah bentuk kesadaran masyarakat Gorontalo pada zaman itu yang melihat bahwa kondisi lingkungan yang sering banjir sehingga dibangun rumah panggung yaitu rumah adat Dulohupa. Pada bagian atap berbentuk khas masyarakat Gorontalo yang terbuat dari jerami pilihan. Di dalam rumah ini terdapat perlengakapn untuk upacara perkawinan, pelaminan dan benda berharga lainnya. Selain itu, pada bagian belakang rumah terdapat anjungan yang biasanya menjadi tempat bagi raja dan kerabat istana untuk beristirahat dan bersantai. Rumah (panggung) adat Dulohupa memiliki kekhasan yang lain yaitu di depan rumah kedua belah sisinya terdapat anak tangga yang disebut Tolitihu..

jadikan yang terbaik ya !!!