Jawabanmu

2014-04-22T19:56:28+07:00
Contohnya pada resistor
pada angka 3,3 di skala ohm itu berati nilai resistor tersebut adalah 33 ohm X 1 = 33ohm 5% dan keadaan / kondisi resistor tersebut juga masih bagus. contoh lagi misalnya warna resitor merah - merah-coklat emas maka nilainya adalah 220 ohm 5% kalau di ukur pakai AVO meter dengan switch X1 maka jarum penunjuk akan mengarah pada 200 lebih 2 strip pada skala ohm itu menunjukan hasil  220 X 1 = 220 ohm 5%.


  • dwqk
  • Gemar Membantu
2014-04-22T19:56:46+07:00
 cara menghitung resistor dengan warna gelang di badannya kali ini saya akan bahas cara menhitung dan mengukur nilai resistor pakai AVO meter.Ada dua AVO meter yang bisa di pakai untuk mengetahui nilai dari resistor yaitu AVO analog dan AVO digital.

Dalam pengukuran elektronik pakai AVO meter usahakan stik / kabel merah dan stik / kabel hitam jangan sampai terbalik jika terbalik maka hasil pengukuran pun tidak akurat terutama untuk pengukuran tegangan baik DC atau pun AC,apabila terbalik maka AVO meter yang kita gunakan akan rusak serta pemilihan switch juga harus tepat dengan komponen atau tegangan yang akan kita ukur.


Yang harus dan sangat di perhatikan saat mengukur tenggangan baik DC / AC harus benar-benar tepat dalam memposisikan / memilih skala switch misalkan saja saat mengukur tegangan DC 12 v maka posisi switch pada 50 VDC dan untuk AC switch maka posisi switch juga harus pada VAC.

Apabila dalam mengukur nilai resitor kita menggunakan AVO meter analog maka hasil pengukuran kita bisa lihat di pergerakan jarum sedangkan AVO meter digital hasil pengukuran bisa di lihat di layar degan angka digital seperti kalkulator tapi untuk AVO meter digital harganya agak mahal di banding AVO meter analog karena dengan AVO meter digital kita bisa dengan mudah dan cepat mengtahui nilai resistor yang akan kita ukur.