Jawabanmu

2014-04-22T19:53:26+07:00
Mol NH4OH =25.0,2=5 mmol
mol HCL      =25.0,1=2,5 mmol

OH=Kb.(NH4OH/HCL)=10^-5(5/2.5)=10^-5.2=2.10^-5
pOH=-log 2.10^-5=5-log 2
pH  =14-pOH=14-(5-log 2)=9+log 2=9+0,3=9,3
Jawaban paling cerdas!
2014-04-22T19:59:04+07:00
⇒n NH₄OH = 25 mL x 0,2 M = 5 mmol
⇒n HCl = 25 mL x 0,1 M = 2,5 mmol
⇒ reaksinya
                          NH₄OH      +        HCl        ⇔       NH₄Cl      +     H₂O   
    Mula"             5 mmol           2,5 mmol              
    Bereaksi        2,5 mmol        2,5 mmol               2,5 mmol
    Sisa              2,5 mmol             -----                   2,5 mmol

⇒ dikarenakan basa lemah yang bersisa, digunakan rumus buffer
   [OH⁻] = Kb x (n basa / n garam)
            = 10⁻⁵ x ( 2,5 mmol / 2,5 mmol)
            = 10⁻⁵
    pOH = -log 10⁻⁵
           = 5
    pH   = 14 - 5 
           = 9
                                
1 5 1