Jawabanmu

2014-04-22T18:15:51+07:00
Contoh :
1. Cacing tanah terhadap tanah (dapat menyuburkan)
2. Tumbuhan terhadap tanah tempat hidupnya (membantu penghijauan)

Aku cuma tau itu, maaf.
Semoga membantu.
48 4 48
Jawaban paling cerdas!
2014-04-22T18:17:07+07:00
Pengaruh air terhadap makhluk hidup: air sangat berguna bagi makhluk hidup, sebagai contoh perhatikan tanaman padi yang tumbuh di sawah. Akar padi menembus ke dalam tanah untuk menyerap air dan zat-zat hara. Bila tanah mengandung cukup air, maka padi akan tumbuh subur, sebaliknya bila kekurangan air maka padi tidak akan tumbuh dengan baik.Pengaruh tanaman terhadap tanah dan udara: adanya penanaman pohon yang dapat hidup di tanah yang kurang subur, maka kondisi tanah tersebut dapat diperbaiki. Pohon-pohon berpengaruh dengan cara mengubah struktur tanah dan mengurangi erosi.
Pengaruh udara terhadap makhluk hidup: udara juga berguna bagi hewan maupun tumbuhan. Udara mengandung antara lain: oksigen dan karbon dioksida. Oksigen berguna untuk pernafasan baik manusia maupun hewan.


23 4 23