Jarak pusat dua lingkaran adalah 39 cm sedangkan panjang salah satu jari-jarinya 6 cm jika panjang garis singgung persekutuan luarnya 36 cm , panjang jari jari lingkaran lainnya adalah.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-22T15:31:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
36 x 36 = 1296
39 x 39 = 1521 - 1296 =  \sqrt{x} 225 = 15 - 6 = 9
2014-04-22T15:35:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Perlu diketahui bahwa jarak dua pusat lingkaran, garis singgung persekutuan luar dan selisih kedua jari-jari  lingkaran membentuk segitiga siku-siku. Dengan sisi siku-sikunya adalah jari-jari dan garis singgung, sedangkan jarak kedua pusatnya sebagai sisi miringnya. Berarti:

Sisi miringnya = 39 cm
Sisi siku-siku I = 36 cm dan Sisi siku-siku II = ......

Dengan menggunakan Tripel Pythagoras, 5, 12, dan 13, maka diperoleh
Sisi siku-siku yang II-nya adalah = 15 cm
Selisih kedua jari-jarinya = 15 cm
r1 - r2 = 15 cm  
r1 - 6 cm = 15 cm
         
r1 = 9 cm 

Jadi panjang jari-jari lingkaran yang satunya = 9 cm.

Demikian semoga jelas dan puas, terima kasih.
2 5 2