Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-22T14:10:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
suku ke 2 dan suku ke 6 sutu barisan geometri beturut-turut adalah 64 dan 4. suku ke 8 barisan tersebut adalah
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

Sehingga Untuk suku ke 2 :
U_{2} = a.r^{(2-1)} = 64

U_{2} = a.r = 64

Untuk suku ke  6 :
U_{6} = a.r^{(6-1)}= 4

U_{6} = a.r^{5}= 4

Lalu Subtitusi data pada suku 2 ke data pada suku 6 untuk mendapatkan nilai "a" dan "r", sehingga :

a.r^{5}= 4\,\,\,\,\,\,\,\,\,(uraikan),sehingga :

a.r.r^{4}= 4\,\,\,\,\,\,\,\,\,(subtitusi\,\,a.r\,\,dengan\,\,64),sehingga :

64.r^{4}= 4

r^{4}=  \frac{4}{64}

r^{4}=  \frac{1}{16}

r=  \sqrt[4]{ \frac{1}{16} }

r=  \frac{1}{2}

Sehingga Untuk nilai "a" subtitusi r = 1/2 ke :
a.r = 64

a.( \frac{1}{2} ) = 64

a = 64 \times 2

a = 128

Sehingga Untuk Suku ke 8 barisan tersebut ialah :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

U_{8} = 128 \times ( \frac{1}{2} )^{(8-1)}

U_{8} = 128 \times ( \frac{1}{2} )^{7}

U_{8} = 128 \times ( \frac{1}{128} )

U_{8} = \frac{128}{128}

U_{8} = 1

Jadikan sebagai jawaban terbaik ya :)
2014-04-22T14:23:54+07:00
U₆ = 4 = a . r⁶⁻¹ = a . r⁵
U² = 64 = a . r²⁻¹ = a . r

64 = a . r 
a = 64/r

4 = a . r⁵ = 64/r . r⁵ = 64 . r⁴
r⁴ = 4/64 = 1/16

r = √1/16 = 1/2

64 = a . 1/2
a = 64 / 1/2 = 64 . 2 = 128

U₈ = a . r⁸⁻¹
= 128 . (1/2)⁷
= 128 . 1/128
= 1