- membuat peraturan ekonomi
- mengatur serta mengendalikan jalannya roda perekonomian
- mencetak uang & mengedarkannya di masyarakat
- mengawasi lalu lintas keuangan
- mengatur bank sentral
- sebagai konsumen
- sebagai produsen (BUMN, BUMD)
- sebagai investor pd perusahaan2

Jawabanmu

2014-04-22T10:31:24+07:00
Untuk Pembangunan ekonomi. Dibanyak negara umumnya terjadi akibat intervensi pemerintah baik secara langsung maupun tidak langsung. Intervensi pemerintah diperlukan dalam perekonomian untuk mengurangi dari kegagalan pasar (market failure) seperti kekakuan harga monopoli dan dampak negatif kegiatan usaha swasta contohnya pencemaran lingkungan.

Untuk Mekanisme Pasar yang tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat pemerintah. Aturan ini memberikan landasan bagi penerapan aturan main, termasuk pemberian sanksi bagi pelaku ekonomi yang melanggarnya. Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja tidak dapat menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Untuk menjamin efisiensi, pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi pemerintah mutlak diperlukan dalam perekonomian sebagai pengendali mekanisme pasar.

Kebijakannya:
Penetapan Harga Minimum dan Maksimum, Penetapan Pajak, Pemberian Subsidi dll.

2014-04-22T10:33:38+07:00
Pemerintah menetapkan harga sesuai dengan biaya yang dikeluarkan dengan memberikan untung, pemerintah berusaha agar harga tidak melonjak dan memberatkan masyarakat. dan pasti menetapkan pajak, dan memberi subsidi
1 1 1