Harga 10 buku dan 2 pensil adalah Rp 16.200 sedangkan harga 5 buku dan 4 pensil dengan model yang sama adalah Rp 9.900. Tentukan harga setiap buku dan setiap pensil!

2
darimana kamu bisa ngambil angka 10,1500,2,600 ????
Itu sih cuman logikaku aja, tapi aku udah tes kok !!
truss..... angka 5,4,9900 untuk apa ditulis???? itu pasti ad gunanya donkkk
truss..... angka 5,4,9900 untuk apa ditulis???? itu pasti ad gunanya donkkk.
ya udah terserah aja deh !!!

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-21T19:23:18+07:00
Buku=x
pensil=y

10x+2y=16200||x1 \\ 5x+4y=9900||x2 \\  \\ 10x+2y=16200 - \\  10x+8y=19800 \\ =-6y=-3600 \\ y=3600/6 \\ y=600 \\  \\ 10x+2y=16200 \\ 10x=16200-1200 \\ 10x=15000 \\  \\ x=15000/10 \\ x=1500

Jdi 1 pensil=600
1 buku=1500
2014-01-21T20:28:23+07:00

pensil = p

buku =  b

10b + 2p = 16.200 |x1| 10b + 2p = 16.200

5b + 4p = 9.900 |x2| 10b + 8p = 19.800

yg besar dikurangi yg kecil. jadi, 10b + 8b =19.800 - 10b + 2p =16.200

 6p = 3.600

p = 3600/6

p = 600

ambil salah satu persamaan.

5b + 4p = 9.900

5b + 4. (600) = 9.900

5b + 2400 = 9900

5b = 9900 - 2400

5b = 7500

b = 7500/5

b = 1500


jadi, @p = 600 dan @b = 1500