Jawabanmu

2014-04-21T20:08:50+07:00
Sebener'e ada 4. ada di alenia 4 UUD
 "... melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar perdamaian abadi dan keadilan sosial... "
Jawaban paling cerdas!
2014-04-21T20:09:22+07:00
1.      Melindungi Setiap Bangsa Dan Seluruh Tumpah Darah  IndonesiaPengertian :Melindungi eksistensi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk segenap komponen bangsa dan seluruh kekayaan alamnya serta kekayaan nilai-nilai bangsa Indonesia yang dicita-citakan oleh segenap pendiri negara yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Nilai-nilai yang harus dilindungi dan dipertahankan seperti tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 adalah, antara lain, kemerdekaan dan kedaulatan NKRI, Cita-cita dan Tujuan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa dan way of life bangsa Indonesia, karena nilai-nilai tersebut bersifat final dan merupakan “harga mati” yang harus dipertahankan oleh seluruh bangsaa.       Pendapat :  Bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melindungisegenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darahIndonesia, memajukan kesejahteraan umum, danmenegakkan hak asasi setiap warga negara melaluiupaya penciptaan suasana yang aman, tenteram, tertib,damai, dan sejahtera, baik lahir maupun batin sebagaiwujud hak setiap orang atas pelindungan agama, diripribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan hartabenda
2.      Memajukan Kesejahteraan UmumPengertian :Untuk memajukan kesejahteraan bagi rakyat secara keseluruhan, bukan hanya kesejahteraan orang per orang. Oleh karena itu perlu disusun suatu sistem yang dapat menjamin terselenggaranya keadilan sosial. Dan kesejahteraan yang harus diciptakan bukan hanya sekedar kesejahteraan ekonomis dan material, melainkan kesejahteraan lahir dan batin,kesejahteraan material dan spiritual. Artinya, kesejahteraan material itu harus terselenggara dalam masyarakat yang saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban masing-masing, masyarakat yang bebas dari rasa takut, masyarakat yang hidup dalam kesederajadan dan kebersamaan masyarakat yang bergotong royong. Masyarakat adil, makmur dan beradap.Pendapat :Menurut saya kesejahteraan umum dapat dicapai apabila 2 syarat komulatif dipenuhi, pertama terjaminnya pemenuhan kebutuhan primer sehingga semua warga negara secara minimal bisa hidup secara layak, keduatersedianya kesempatan bagi semua warga negara untuk merai kehidupan yang lebih baik diatas kebutuhan primer. Syarat pertama dimaksudkan agar tidak ada warga negara yang hidupnya terlantar (kebutuhan primer  terpenuhi yaitu, bisa makan, bisa berpakaian, memiliki tempat tinggal permanen, dan memiliki pendidikan, kesehatan dan sarana komunikasi yang memadai ),dan syarat kedua, memberikan peluang kepada mereka yang mampu untuk meraikehidupan yang lebih baik lagi diatas kebutuhan primer.Semua hal tersebut adalah kebutuhan secara materi namun kesejahteraan itu sendiri tidak hanya memenuhi kebutuhan materi tapi juga kebutuhan yang non-materi seperti kebutuhan spiritual, keamanan jiwa / kehidupan dan kemurnian akal. Kebutuhan spiritual terpenuhi apabila seseorang sudah bisa menjalankan perintah agama dengan sempurna, juga seseoarang akan sejahtera bila mereka akan terbebas dari ancaman,terlebih dari itu yang juga sangat penting adalah terjaganya kemurnian akal seseorang agar tetap terjaga sifat kemanusiaannya.b.      Solusi : pemerintah mengupanyakan kesejahteraan ekonomi dan sosial berupa program sosial, antara lain memeratakan pendapatan masyarakat, mengusahakan kesejahteraan sosial bagi masyarakat mulai sejak manusia lahir sampai meninggal (from the cradle for the grave), mengusahakan lapangan kerja yang seluas-luasnya, pengawasan terhadap upah yang harus dilaksanakan oleh pemerintah, memperluas usaha dalam bidang pendidikan bagi masyarakat, baik pendidikan formal maupun pendidikan
c.       Alasan : negara atau pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab atas kelangsungan  hidup orang banyak dalam hal ini rakyat. Tanpa kesejahteraan apalah arti sebuah negara, negara membutuhkan rakyat begitupun sebaliknya. Kekayaan alam dan isinya di kuasai oleh negara untuk rakyat dan sudah seharusnya negara mensejahterakan rakyat demi kelangsungan dan kemajuan bangsa.

3.      
Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Pengertian :Membangun peradapan bangsa, sehingga bangsa Indonesia akan mampu hadir sebagai bangsa yang memiliki kepribadian nasional yang bersumber kepada nilai-nilai yang terkandung dari ideologi nasional Indonesia, yaitu Pancasila. Serta memciptakan masyarakat yang pandai dan cerdas.

Klik 5 bintang dan terimakasih :)
3 4 3