Jawabanmu

2014-04-21T19:40:08+07:00
Eksplorasi merupakan kegiatan untuk memperoleh pengalaman baru dan situasi yang baru.Eksplorasi gerak tari akan tercipta letak dan sifat gerak,sehingga akan memberikan cirri khas suatu gerakan .

Tiapdaerah Nusantara memiliki ciri khas gerak tersendiri,Bentuk jari dalam tari jawa,misalnya meliputi nyekithing,nyempurit,ngerayung,ngregem,boyo mangap.Bentuk jari dalam tari sulawesi selalu menutup dengan tari bali bentuk jarinya membuka bergetar.

Ragam gerak langkah kaki tari jawa adalah lembehan kanan,lembehan kiri,lumaksono,kapang-kapang.Ragam gerak langkah kaki tari sulawesi adalah berjalan menapak,berjalan jinjit ke kanan dan ke kiri dan melangkah ke samping kanan dan kiri.

Ragam gerak badan tari jawa adalah mendek,mayuk,nggeblak,entrak,jengkeng,silantaya,dan duduk dames.Ragam gerak badan tari sulawesi adalah sikap badan berdiri merendah,duduk dan mengeper.

Ragam gerak mata tari jawa adalah luruh dan jatmika .Ragam gerak mata untuk tari sulawesi selalu mengikuti langkah kaki dan tangan yang merentang.Ragam gerak mata tari Balui adalah dedeling,kwera mata kijem.

Hasil eksplorasi gerak tari juga berpengaruh terhadap iringan musik,tat arias dan tata busana.

Fungsi iringan atau musik pengiring tari adalah sebagai pemertegas gerak dan pemberi irama penunjuk peralihan tiap gerakan serta dapat memberi dukungan suasana,baik berirama cepat atau pun lambat,sesuai dengan gerak tari itu sendiri.Peran tat arias dan busana tari Nusantara dan mancanegara selain sebagai identitas bangsa juga dapat menjadi tolok ukur penampilan sesuai dengan karya tari yang dipergerakan dan peran yang dimainkan.