Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-21T15:55:15+07:00
Manusia membutuhkan tumbuhan (biotik) untuk menghasilkan oksien yg digunakan untu berbafas dan juga menghasilkan karbohidrat untuk dikonsumsi.
Manusia membutuhkan hewan(biotik) untuk dimanfaatkan dengan baik
Manusia membutuhkan komponen abiotik untuk melengkapi kebutuhan hidupnya

semoga membantu :)
2 4 2
2014-04-21T15:57:12+07:00
Alam dan alam :
1. Air dengan tumbuhan : Tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang serta untuk menyimpan air pada tumbuhan
2. Tumbuhan dengan tanah : Tumbuhan membutuhkan zat hara dari tanah serta untuk tumbuh
3. Air dengan tanah : Contohnya pengairan pada sawah, tanah membutuhkan air supaya dapat terus subur.
4. Air dengan hewan : Hewan membutuhkan air untuk minum
5. Tumbuhan dengan hewan : Misalnya hewan herbivora membutuhkan tumbuhan untuk makan, contohnya daun di pepohonan.

Alam dan sosial :
1. Manusia dengan air : manusia membutuhkan air untuk minum , mandi , dll.
2. Manusia dengan hewan : manusia dapat membutuhkan daging hewan untuk bahan konsumsi
3. Manusia dengan udara : manusia membutuhkan udara untuk bernafas
4. Manusia dengan tanah : Manusia membutuhkan tanah untuk bercocok tanam , tempat berpijak , membangun rmh, dll.
5. Manusia dengan tumbuhan : manusia membutuhkan tumbuhan untuk bahan konsumsi

Alam dengan budaya/binaaan/buatan :
1. masyarakat yang tinggal dikaki gunung bromo sering mengadakan upacara2 sesajen dan menjadi kebudayaan dalam suku tersebut
2. Upacara ngaben , masyarakat mengadakan upacara pembakaran mayat
3. sekaten , masyarakat megadakan sekaten saat akan maulud nabi


Semoga membantu :)
1 4 1