Jawabanmu

2014-01-21T19:11:56+07:00
gunung berapi merupakan suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi.istilah gunung berapi juga digunakan untuk menamai fenomena pembentukan gunung api es (ice volcanoes) dan gunung api lumpur ( mud volcanoes).
     gunung berapi memiliki berapa tipe, yaitu stratovolcano,perisai ,cinder cone, dan kaldera .stratovolcano tersusun atas batuan hasil letusan dengan tipe letusan berubah-ubah. akibatnya,yterbentuk suatu kerucut besar yanag bentuknya tidak beraturan karena letusan terjadi berulang-ulang.perisai tersusun atas batuan aliran lava yang masih cair pada saat diendapkan .cinder cone merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkaniknya menyebar di sekeliling gunung.sementara itu ,gunung berapi kaldera terbentuk dari ledakan sangat kuat sehingga bagian atas gunung terlempar.akibatnya,terbentuk sebuah cekungan.salah satu gunung jenis ini adalah gunung bromo.
     gunung berapi terdiri atas beberapa struktur yaitu,kawah,kaldera,rekahan dan graben serta depresi volcano-tectonik. kawah merupakan bentuk morfologi negatif atau depresi akibat kegitan suatu gunung berapi . kawah berbentuk relatif bundar. kaldera berbentuk menyerupai kawah ,tetapi garis tengahnya lebih dari 2 km .kaldera terdiri atas kaldera letusan ,runtuhan, resurgent, dan erosi.rekahan dan graben  merupakan retakan -retakan atau patahan pada tubuh gunung berapi yang memanjang hingga puluhan kilometer dan dalamnya ribuan meter. sementaar itu,pembentukan depresi volcano-tectonik ditandai dengan deretan pegunungan yang berasosiasi dengan pembentukan gunung berai yang diakibatkan ekspansi volme besar magma asam ke permukaan bumi. magma tersebut berasal dari kerak bumi
       gunung berapi terbentuk pada empat busur ,yaitu busur tengah benua, busur tepi benua, busur tengah samudra,dan busur dasar samudra .busur tengah benua terbentuk akibat pemekaran kerak benua .busur tepi benua terbentuk akibat penunjaman kerak samudra ke kerak benua.busur tengah samudra terjadi akibat pemekaran kerak samudra .sementara itu, busur dasar samudra terjadi akibat terobosan magma basah pada penipisan kerak samudra.