LATIHAN SOAL SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 8 SMP
1. Sel darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah saat luka adalah ....a. sel darah merahb. plasma darahc. keping-keping darahd. sel darah putih2. Dari pernyataan berikut ini, yang bukan fungsi darah adalah ....a. mengangkut oksigen dan karbondioksidab. pembunuh kumanc. meneruskan rangsangan dari otakd. mengangkut sisa metabolisme3. Fungsi zat besi bagi darah adalah ....a. bahan pembentuk sel darah merahb. mempertahankan bentuk sel darahc. membantu pembekuan darahd. sumber gizi bagi darah4. Bahaya yang terjadi jika resipien menerima transfusi darah dari donor yang golongan darahnya tidak sama adalah ....a. aliran darah tidak akan berhenti jika ada lukab. tubuh resipien akan melemahc. mengakibatkan anemiad. terjadi penggumpalan darah5. Jika seorang yang bergolongan darah A menerima transfusi darah dari seseorang yang bergolongan darah AB, yang terjadi adalah ....a. terjadi penggumpalan darah karena aglutinogen A direspon oleh anti-Bb. tidak terjadi penggumpalan darahc. terjadi penggumpalan darah karena aglutinogen B direspon oleh anti-Bd. terjadi penggumpalan darah karena aglutinogen A direspon oleh anti-A6. Darah yang menuju ke jantung dialirkan oleh pembuluh ....a. arteri c. aortab. vena d. katup7. Bagian jantung yang menerima darah dari paru-paru adalah ....a. serambi kanan c. bilik kananb. serambi kiri d. bilik kiri8. Penyakit yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah adalah . . . .a. varises dan hipertensib. hipertensi dan sklerosisc. ambeien dan varisesd. anemia dan leukemia9. Bentuknya tidak tetap, bisa bergerak bebas di luar pembuluh darah, jumlah normalnya 8.000 tiap 1 mm3 darah. Hal tersebut adalah ciri-ciri ....a. leukosit c. eritrositb. trombosit d. plasma darah10. Urutan peredaran darah yang benar, yaitu ....a. seluruh tubuh - bilik kanan - serambi kanan - paru-paru - bilik kiri - serambi kiri - seluruh tubuhb. seluruh tubuh - bilik kiri - serambi kiri - paru-paru - bilik kanan - serambi kanan - seluruh tubuhc. seluruh tubuh - serambi kanan - bilik kanan - paru-paru - serambi kiri - bilik kiri - seluruh tubuhd. seluruh tubuh - serambi kiri - bilik kiri - paru-paru - serambi kanan - bilik kanan - seluruh tubuh11. Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah …a. eritrosit c. leukositb. trombosit d. plasma darah12. Perhatikan tabel berikut:PembedaVenaArteriDenyutTerasaTidak terasaAliranDari jantungMenuju ke jantungDindingTipis, tidak elastisTebal, kuat, elastisSel ototLurikPolosPerbandingan yang benar pada tabel di atas adalah pada …a. denyut c. aliranb. dinding d. sel otot13. Di bawah ini yang merupakan kelainan atau penyakit darah karena faktor genetika adalah…a. anemia c. leukopeniab. thalasemia d. leukemia14. Perhatikan tabel berikut!
Sistem Peredaran DarahKeterangan
PBesarBilik kanan ==> seluruh tubuh ==> serambi kiriQKecilBilik kiri ==> paru-paru ==> serambi kananRRangkapDarah dua kali beredar ke seluruh tubuhSTertutupDarah mengalir dalam pembuluh
Sistem peredaran darah yang benar pada tabel ditunjukkan oleh …P c. QR d. S15. Darah yang banyak mengandung O2 terdapat dalam pembuluh yang mengalirkan darah dari ....a. jantung ke paru-parub. paru-paru ke serambi kiri jantungc. tubuh ke jantungd. paru-paru ke serambi kanan jantung

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-21T10:40:49+07:00
1.c
2.c
3.a
4.d
5.a
6.b
7.b
8.c
9.a
10.c
11.a
12.a
13.b
14.d
15.b
3 5 3
2014-04-21T14:46:21+07:00
1.c
2.c
3.a
4.d
5.a
6.b
7.b
8.c
9.a
10.c
11.a
12.a
13.b
14.d
15.b
4 4 4