Jawabanmu

2014-04-20T21:52:01+07:00
Gulma itu Tumbuhan yang cenderung parasit karena dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan yang lainnya, bahkan membawa penyakit.
Ini saya cari dari salahsatu blog untuk lebih lengkapnya, semoga membantu:

1.             Persaingan antara tanaman utama sehingga mengurangi kemampuan berproduksi, terjadi persaingan dalam pengambilan air, unsur-unsur hara dari tanah, cahaya dan ruang lingkup.
2.             Pengotoran kualitas produksi pertanian, misalnya pengotoran benih oleh biji-biji gulma.
3.             Allelopathy yaitu pengeluaran senyawa kimiawi oleh gulma yang beracun bagi tanaman yang lainnya, sehingga merusak pertumbuhannya.
4.             Gangguan kelancaran pekerjaan para petani, misalnya adanya duri-duri Amaranthus spinosus, Mimosa spinosa di antara tanaman yang diusahakan.
5.             Perantara atau sumber penyakit atau hama pada tanaman, misalnya Lersia hexandra dan Cynodon dactylon merupakan tumbuhan inang hama ganjur pada padi.
6.             Gangguan kesehatan manusia, misalnya ada suatu gulma yang tepung sarinya menyebabkan alergi.
7.             Kenaikkan ongkos-ongkos usaha pertanian, misalnya menambah tenaga dan waktu dalam pengerjaan tanah, penyiangan, perbaikan selokan dari gulma yang menyumbat air irigasi.
8.             Gulma air mngurangi efisiensi sistem irigasi, yang paling mengganggu dan tersebar luas ialah eceng gondok (Eichhornia crssipes). Terjadi pemborosan air karena penguapan dan juga mengurangi aliran air. Kehilangan air oleh penguapan itu 7,8 kali lebih banyak dibandingkan dengan air terbuka. Di Rawa Pening gulma air dapat menimbulkan pulau terapung yang mengganggu penetrasi sinar matahari ke permukaan air, mengurangi zat oksigen dalam air dan menurunkan produktivitas air.

Yang ditulis itu merupakan akibat yang ditimbulkan gulma.
2014-04-21T03:57:06+07:00
1. Keterkaitannya terletak pada gilma yg merusak atau memgganggu tumbuhan secara terus memetus 2. Bekas dari gangguan tersebut 3. Rusaknya bagian tumbuhan