Buatlah dialog negosiasi antara pengusaha dan pihak bank.

Petunjuk:
>pengusaha mengajukan kredit kepada bank sebesar Rp200.000.000,00.Ia menemui kepala bagian kredit untuk bernegosiasi, tetapi pengajuan kreditnya hanya disetujui Rp150.000.000,00.
>harus ada orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup.
>Dialog dimulai dari pengusaha

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-20T18:23:45+07:00
1. A : slmt siang, mbak 2. B : oh slmt siang pak. ada yg bisa sy bntu? 3. A : begini saya ingin mengajukan kredit usaha di bank ini 4. B : oh tentu saja pak, kami siap melayani. berapa kredit yg ingin bpk ajukan 5. A : saya ingin mengajukan 200jt 6. B : anda yakin ingin mengajukan kredit sebesar itu? 7. A : yakin mbak. karena dana ini untuk mengambangkan usaha 8. B : maaf,pak . pihak bank tdk dpt memberikan kredit sebesar itu 9. A : bagaimana kalau sy mengajukan 180jt 10. B : msh belum bisa pak. bagaimana kalau 100jt 11. A : jngan, usaha saya masih kekurangan modal kalo segitu 12. B : baikalah, penawaran terakhir 150jt 13. A : iya sy setuju 150jt 14. B : cicilan brp bulan pak? 15. A : 15 bln mbak 16. B : dibayar beserta bunga tiap bulan tanggal satu ya pak. (sambil menyerahkan surat pernyataan? 17. A : iya mbak saya akan tepat waktu membayar 18. B : trmksh atas kepercayaan bpk terhadap bank kami 19. A : sama sama, saya permisi dulu 1-3 = orientasi 4-6 = pengajuan 7-12 = penawaran 13-16 = persetujuan 17-19 = penutup
1 5 1
2014-04-20T18:37:02+07:00
Orientasi
Pengusaha : Selamat siang.
Pihak Bank : Selamat siang, ada yang bias saya bantu pak?
Pengajuan
Pengusaha : Ya,saya ingin mengajukan dana kredit untuk mengembangkan usaha saya. Saya ingin   membangun beberapa cabang perusahaan.
Pihak Bank : Berapa banyak dana kredit yg ingin anda ajukan?
Pengusaha : Saya ingin mengajukan dana kredit sebesar Rp 200.000.000.
Pihak Bank : Maaf Pak, kami tdk dpt mengeluarkan dana sebesar itu.
Penawaran
Pengusaha : Baiklah jika Rp 180.000.000, bagaiamna?
Pihak Bank : Maaf pak, kami hanya dana kredit sebesar rp 150.000.000 saja.
Persetujuan
Pengusaha : Ya sudah, jika begitu saya setuju.
Pihak Bank : Baik pak, silakan bapak mengisi formulir ini.
Pengusaha : Baiklah, ini formulirnya sudah saya isi.
Pihak Bank : Baik pak. Kami akan segera memproses pengajuan dana kredit tsb. Pengusaha : Ya, terimakasih atas kerjasamanya.
Bank : Sama-sama pak.
Penutup
Pengusaha :Selamat siang.
Pihak Bank : Selamat siang.