Memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan (kinship atau domestic instituions)
Memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun dan mendistribusikan harta benda (economic institutions)
Memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia (educational institutions)
Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions)
Memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi
jawaban saya seperti vita anggreini

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-20T17:50:06+07:00
Menurut Koentjaraningrat, pranata sosial memiliki 8 macam tujuan, yaitu:
1. Memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan (kinship atau domestic institutions)
2. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda (economic institutions)
3. Memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia (educational institutions)
4. Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions)
5. Memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic and recreational institutions)
6. Memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan (religius institutions)
7. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutions)
8. Mengurus kebutuhan jasmani manusia (somatic institutions)
1 5 1
2014-04-20T18:02:09+07:00
1. Untuk memenuhi kehidupan kekerabatan
2. Untuk memenuhi kebutuhan mata pencaharian
3. Untuk keperluan ilmiah
4. Untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan Tuhan
5. Untuk keperluan keindahan dan rekreasi
6. Untuk memenuhi kebutuhan fisik dan kenyamanan hidup