Jawabanmu

2014-04-20T14:35:10+07:00
Pada tahun 1041 atau 963 M Raja Airlangga memerintahkan membagi kerajaan menjadi dua bagian. Pembagian kerajaan tersebut dilakukan oleh seorang Brahmana yang terkenal akan kesaktiannya yaitu Mpu Bharada. Kedua kerajaan tersebut dikenal dengan Kahuripan menjadi Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri) yang dibatasi oleh gunung Kawi dan sungai Brantas dikisahkan dalam prasasti Mahaksubya (1289 M), kitab Negarakertagama (1365 M), dan kitab Calon Arang (1540 M). Tujuan pembagian kerajaan menjadi dua agar tidak terjadi pertikaian. Pada awalnya perang saudara tersebut, dimenangkan oleh Jenggala tetapi pada perkembangan selanjutnya Panjalu/Kediri yang memenangkan peperangan dan menguasai seluruh tahta Airlangga. Dengan demikian di Jawa Timur berdirilah kerajaan Kediri
2014-04-20T14:42:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
berdirinya Kerajaan Kadiri atau Kediri tidak terlepas dari Peran Airlangga ( = Air dan loncat ) yang lahir Pada Tahun 990 Masehi, Ayahnya yang bernama Udayana, Raja dari Kerajaan Bedahulu dari Wangsa Warmadewa dan Ibunya yang bernama Mahendratta Putri dari Kerajaan Medang Wangsa Isnaya, dan juga sebagai keturunan Empu Sindok dari wangsa Isnaya dari Kerajaan Mataram Kuna / Mataram Hindu. Pantun Airlangga ditemukan didesa Belahan Kediri, dan menjadi koleksi Museum Trowulan Jawa Timur yang mengisahkan Airlangga berkuasa sejak Usia 19 Th, yaitu Th.1009 Masehi - Th.1042 Masehi setelah 3 tahun lamanya bersemedhi dihutan.

Pusat Kerajaan atau Ibu Kotanya terletak di Kahuripan, hal ini sesuai Serat Calon Arang.
Pada tahun 1042 Masehi Airlangga turun takhta menjadi Pandita, dan wafat pada Th. 1049 Masehi hal ini dikisahkan oleh ; Serat Calon Arang, Airlangga bergelar Resi Erlangga Jatiningrat. Babad Tanah Jawi, Airlangga sebagai Resi Gentayu. Prasasti Gandhakuti ( Th. 1042 Masehi ), Airlangga Sebagai Resi Aji Paduka Mpungku Sang Pinaka Catraning Bhuwana.   
semoga membantu :)