Buatlah teks tentang binatang tertentu yang sudah tergolong langka (misalnya hariamu atau gajah). tetapi binatang yang ditulis itu bukan harimau atau gajah secara umum, melainkan hatimau atau gajah secara khusus, yg hanyanterdapatndikebun binatang tertentu.. ?

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-20T15:05:15+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
KURA-KURA IRIAN LEHER PANJANG (CHELODINA NOVAEGUINEAE)

Kura-kura adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung. Perkecualian terdapat pada kelompok labi-labi (Trionychoidea) dan jenis penyu belimbing, yang lapis luarnya tiada bersisik dan digantikan lapisan kulit di bagian luar tempurung tulangnya. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal tiga kelompok hewan yang termasuk bangsa ini, yalah penyu (bahasa Inggris: sea turtles), labi-labi atau bulus (freshwater turtles), dan kura-kura (tortoises). Dalam bahasa Inggris, dibedakan lagi antara kura-kura darat (land tortoises) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins). Kura-kura Irian leher panjang (Chelodina novaeguineae) termasuk dalam reptilia yang hidup di pulau Papua Barat atau Irian Jaya yang termasuk dalam wilayah propinsi di Indonesia. Hewan ini merupakan spesies yang dilindungi sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI No. 7 Tahun 1999 tentang Satwa yang Dilindungi. Dari salah satu sumber di internet didapatkan bahwa hewan ini sudah dilindungi sejak 1980. Ciri-ciri hewan ini antara lain berwarna gelap agak kehijaun dan mempunyai leher yang sangat panjang. Di waktu masih kecil panjang leher kurang lebih sama panjangnya dengan panjang tubuhnya atau cangkangnya. Habitat dari kura-kura ini berada di sungai-sungai besar di Papua. Dari hasil observasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Desember 2007 di salah satu kios Pasar Ngasem, Yogyakarta didapati perdagangan spesies yang dilindungi ini. Kura-kura Irian leher panjang yang berukurun panjang sekitar 8 cm termasuk panjang leher saat dijulurkan dan lebar sekitar 4,5 cm dijual seharga Rp 70.000 per ekor. Kura-kura ini didapatkan dari salah seorang distributor di Surabaya. Koleksi yang dimiliki penjual di Pasar Ngasem ini hanya 6 ekor dan memajangnya bersama-sama dengan koleksi kura-kura lain yang tidak dilindungi. Penulis sengaja tidak menulis nama penjual dan kios yang digunakan untuk bejualan di Pasar Ngasem dengan alasan menghargai privasi penjual.