mak eroh pahlawan lingkungan

sosok dan jasa mak eroh akan selalu dikenang oleh masyarakat tasikmalaya,jawa barat.siapakah mak eroh?mak eroh merupakan sosok perempuan luar biasa yang membuat perubahan bagi desa pasir kadu,kecamatan cisayong.
desa pasir kadu sering dilanda kekeringan di musim kemarau datang.kekeringan yang melanda menyebabakan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih,mak eroh memiliki gagasan untuk membuat saluran air yang menghubungkan kampungya dengan sungai cilitung.
kampung mak eroh dgn sungai cilitung dipisahkan oleh bukit cada(berbatu).dengan menjual perihasan yang dimiliki,kemudian mak eroh membeli pahart,martil,linggis dan balincong.mak eroh sendirian mulai membelah bukit.apa yang dilakukan mak eroh awanya menjadi bahan tertawaan masyarakat.
dgn tekad dan kerja keras seperti bergelantungan di tali rotan untuk memecah batu,akhirnya mak eroh berhasil membuat saluran air sepanjang 50 m.keberhasilan mak eroh membelah bukit menyadarkan masyarakat desa pasir kadu untuk membangun saluran air yg lbih pnjang.saluran air 4.500m dgn kemiringan 60 sampai 90 derajat diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun.
air yg mengalir tdk hanya dinikmati oleh masyarakt pasir kadu ,ttpi juga maasyarakat lainnya disekitar dsa pasir kadu skarang mak eroh telah meninggal dunia ,pemerintah pun telah memverikan kalpataru pada tajun 1988.jasa beliau merupakan salah satu contoh bangsa yg mau berkorban dan bekerja keras untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara.
soal
1.nilai "apa yg di teladani dari kisah mak etoh?
2.apakah ada kisah perjuangan di daerah mu seperti yang dilakukan mak eroh?
3.sebutkan perilaku peduli lingkungan yang dapat diwujudkan seseorang siswa yang dilandasibpersatuan dan kesatuan?
4.apakah nilai kepedulian terhadap lingkungan dapat mendorong kuatnya persatuan dan kesatuan?jelaskan!.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-20T10:20:42+07:00
1. Saling membantu, peduli sekitar, cinta lingkungan, heroik, dll...
2. ada.
3. gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, bekerja sama menanam hutan yang telah gundul, dll...
4. dapat. karena jika kita peduli lingkungan dengan cara gotong royong maka dapat menambah sikap persatuan dan kesatuan.
2014-04-20T11:32:39+07:00
1. sikap mau berkorban dan bekerja keras demi kepentingan masyarakat , bangsa dan negara
2. ada 
3. bersama-sama membersihkan lingkungan yang kurang sedap di pandang mata agar lingkungan terlihat bersih dan terhindar dari penyakit.
bekerja sama untuk melaksanakan program seribu pohon
4.ya ,  karena dengan kita perduli dg lingkungan, otomatis akan ada kegiatan gotong royong. Dimana gotong royong itu sendiri melibatkan banyak warga sekitar untuk membersihkan lingkungan. Dalam gotong royong juga pasti terdapat warga yang saling membantu. Saling membantu itulah yang nantinya bisa memperkuat persatuan dan kesatuan warga. 
2 3 2