Sebatang tembaga bermassa 100 g , mula mula bersuhu 95 derajat celcius dijatuhkan ke dalam 20 g air yang terdapat dalam wadah aluminium 280 g . Air dan wadah mula mula bersuhu 15 derajat celcius . Berapakah suhu akhir sistem ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-20T09:20:42+07:00
Q terima = Q lepas
mair.c.t + maluminium.c.t = m tembaga.c.t
0,02.4200.(t-15) + 0,28.910.(t-15) =0,1.390.(95-t)
84t - 1260 + 254,8t - 3822 = 3705 - 39t
377,8 t = 8787
t = 23,25 
2 5 2
2014-04-20T09:30:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Rumus

Q lepas                                                            = Q terima
0,02 · 4.200 · ( t - 15 ) + 0,28 · 910 · ( t - 15 ) = 0,1 · 390 · ( 95 - t )
84t - 1260 + 254,8t - 3.822                              = 3.705 - 39t
377,8t                                                               = 8.787
t                                                                        = 8.787 : 377,8
t                                                                        = 23,25

Jadi, suhu akhir sistem 23,25


Tolong tandai sebagai jawaban terbaik ya ?
1 5 1