KASUS PEMBELAJARAN SD : sekolah dasar harapan bangsa terletak di sebuah pulau yang jaraknya sekitar 30 km dari kota kecamatan terakhir. untuk mencapai pulah dimana SD ini, para siswa harus naik perahu selama lebih kurang 20 menit. mayoritas orang tua siswa bekerja sebagai nelayan dan sebagian kecil bekerja sebagai petani. orang tua mempunyai harapan yang besar kepada anaknya agar dapat sekolah mendapat kehidupan yang lebih baik di bandingkan dengan mereka saat ini. pulau ini pantainya. dipulau ini terdapat sumber air panas. meskipun daerah ini cukup terpencil, tetapi para siswa di daerah ini cukup rajin dalam belajar, tetapi kendalanya adalah di daerah ini sering mengalami keterlambatan dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah

PERTANYAAN :
1. Jika andan menjadi kepala sekolah di SD Harapan Bangsa ini, langkah jangka pendek dan jangka panjang apa sajakah yang anda tempuh untuk mewujudkan harapan orang tua wali SD Harapan Bangsa ini??
2. Jika anda menjadi guru di SD Harapan Bangsa ini, kemudian anda berkeinginan membawa para siswa berkunjungan di "desa tujuan wisata" yang akan menjadi inspirasi terwujudnya desa wisata dikepulauan ini, maka anda akan menerapkan pembelajaran karyawisata, rangcahlah model pembelajaran karyawisata saat anda berkunjung di "desa tujuan wisata" tersebut!!
3. Buatlah sebuah penilitian tindakan kelas yang dapat membantu guru di SD Harapan Bangsa yang kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar IPA, karena guru di SD ini terkendala oleh kekurang alat peraga, tetapi kuran memanfaatkan lingkungan sebagi alternatifnga!

1

Jawabanmu

2014-04-20T07:17:00+07:00
1. Lebih konsisten dalam menghadapi pembelajaran murid. Lebih bijaksana dan bisa meningkatkan metode belajar yg lebih modern atau lebih mudah dipelajari, sehingga memungkinkan pelajar dapat berkonstraksi dan berinteraksi dg baik. 2. Dg memberikan ilmu pembelajaran yg lebih baik dan lebih efisien serta berkualitas tinggi supaya tercapai sesuai tujuan dan keinginan masing2. 3. Dengan memberi atau menggantikan alat tesebut secara alami yang lebih baik, bersih, dan lebih bisa memanfaatkan alam dan ramah lingkungan pula.
6 4 6