1. bola A yang massanya 2 kg mula-mula dalam keadaan diam, kemudian bergerak ke kanan dengan percepatan 2 m/s2

setelah 10 detik, bola A menumbuk bola B yang sedang bergerak ke kiri dengan kecepatan 10 m/s. jika massan B 4 kg dan tumbukan lenting sempurna, maka kecepatan A dan B setelah tumbukan adalah

2. sebuah benda dengan massa 3 kg bergerak pada bidang horizontal yang kasar dengan kecepatan tetap 2 m/s. setelah mendapat daya dorong 30 w. besar koefisien gesekan bidang dengan benda adalah

2
jawab dong gan,tolong bantuannya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-19T22:15:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Aku kasih contoh soal dan rumus ya :)
1. Benda A dan benda B bergerak saling mendekati. Jika mA = mB , vA= 4 m/s, vB = 3 m/s dan lantai licin, berapa kecepatan A dan B setelah terjadi tumbukan lenting sempurna ?
A. 3 m/s ke kiri dan 4 m/s ke kanan
B. 3 m/s kekanan dan 4 m/s ke kanan
C. 3 m/s ke kiri dan 4 m/s ke kiri
D. 3 m/s ke kiri dan 3 m/s ke kanan
E. 4 m/s ke kiri dan 4 m/s ke kanan
Pembahasan :
Diketahui :
vA = 4 m/s, vB = 3 m/s
Ditanya :
vA’ dan vB’ ?
Jawab :
Pada tumbukan lenting sempurna, jika massa kedua benda sama maka ketika bertumbukan kedua benda saling bertukar kecepatan. Jadi
vA’ = 3 m/s dan vB’ = 4 m/s
Apabila sebelum bertumbukan benda A bergerak ke kiri maka setelah bertumbukan benda A bergerak ke kanan. Demikian juga apabila sebelum bertumbukan benda B bergerak ke kanan maka setelah bertumbukan benda B bergerak ke kiri. Sebelum dan setelah bertumbukan, kedua benda bergerak berlawanan arah.
Jawaban yang benar adalah A.

contoh lain -> gurumuda.net/contoh-soal-tumbukan-lenting-sempurna.htm

2)
Rumus :
f = μ . N 
μ = f / N 

f = gaya gesek 
N = gaya normal 
μ = koefisien gesek 
2014-04-20T05:30:03+07:00
Diketahui :
vA = 4 m/s, vB = 3 m/s
Ditanya :
vA’ dan vB’ ?
Jawab :
Pada tumbukan lenting sempurna, jika massa kedua benda sama maka ketika bertumbukan kedua benda saling bertukar kecepatan. Jadi
vA’ = 3 m/s dan vB’ = 4 m/s
Apabila sebelum bertumbukan benda A bergerak ke kiri maka setelah bertumbukan benda A bergerak ke kanan. Demikian juga apabila sebelum bertumbukan benda B bergerak ke kanan maka setelah bertumbukan benda B bergerak ke kiri. Sebelum dan setelah bertumbukan, kedua benda bergerak berlawanan arah.
Jawaban yang benar adalah A.

1 4 1