1.tentukan pH 100 mL (NH₄)₂SO₄ 0,05 M, jika Kb NH₄OH=10⁻⁵.
2.gelas kimia I berisi 100 mL CHCOOH 0,1 M dan gelas kimia II berisi 50 mL larutan NaOH 0,1 M. jika Ka CH3COOH=10⁻⁵, tentukan:
a.pH larutan pada masing masing gelas,dan
b.pH jika kedua larutan dalam gelas dicampur secara merata.
3.tentukan pH campuran 0,02 mol NHOH dengan 0,1 mol (NH)SO jika Kb NHOH=1.10⁻⁵.
4.terdapat 100 mL larutan NaF 0,068 M.jika Ka HF=6,8.10⁻⁴,tentukan pH larutan tersebut.


banyak banget pr aku,cuma yang gak ngerti cuma 4 soal ini doang,tolong bantu jawab ya teman :)

2

Jawabanmu

2014-04-19T20:35:58+07:00
1) {OH⁻}= Kb × M = 10⁻⁵ × 0,05 = 5×10⁻⁷ POH = 7-log 5 PH = 14-7 = 7

maap ya kalo salah, soalnya aku juga masih belajar :)
kaya'nya bukan {OH-} tapi {H+} bener gak? cobak cek lagi
gpp kok kalau salah
iya iya bener, aku tadi cuma liat kb nya aja, makanya dikirain itu {OH-} bukan {H+} hehehe
ia H+
Jawaban paling cerdas!
2014-04-19T20:54:17+07:00
1) (NH4)2SO4 ----> NH4OH + H2SO4


2) a) gelas kimia I 
 OH^{-}  =  \sqrt{Ka.Ma}
                         =  \sqrt{10^{-5}.0,1 }
                          =  10^{-3}
 pOH = -log OH^{-}
        = -log  10^{-3}
        = 3
pH = 14-pOH
     = 11
   gelas kimia II
   H^{+}  = a.Ma
                           = 1.0.1
                           = 0.1 =  10^{-1}
pH = -log  H^{+}
     = -log  10^{-1}
     = 1
b) n CH3COOH  = M.V 
                        = 0,1 . 100
                        = 10
 n NaOH  = M.V
              = 0,1 .50
              = 5 
n CH3COOH > n NaOH
maka asam lebih dominan daripada basa
 H^{+}  \frac{10-5}{100+50}
                         =  \frac{5}{150}
                         = 1/30 = 0,033 = 33x10^{-3}  
        pH = - log 33x 10^{-3}
             = 3 - log 33
  
2 4 2