larutan campuran CH3COOH 0,01 M dan CH3COONa 0,5 M dalam 1 liter air. campuran tersebut ditambah dengan 20 mL HCL 0,2 M, Diketahui Ka= 1,8 x 10^-5. hitunglah perubahan pH larutan tersebut!apakah larutan tersebut dapat digunakan sebagai larutan penyangga? jelaskan!

2

Jawabanmu

2014-04-19T20:33:14+07:00
Hcl + ch3cooNa ---> ch3cooh + nacl
1         500                  10
1          4                      1
-          496                   11

H^+ = 1,8 x 10 ^-5 x   11 
                               496
      = 1,8 x 10^-5 x0,22
       = 3,96 x 10^-6
ph = 6 - log 3,96

bisa 
Jawaban paling cerdas!
2014-04-19T23:07:20+07:00
Hcl + ch3cooNa ---> ch3cooh + nacl
1         500                  10
1          4                      1
-          496                   11

[H^+] = 1,8 x 10 ^-5 x   11 
                               496
      = 1,8 x 10^-5 x0,22
       = 3,96 x 10^-6
ph = 6 - log 3,96
     = 5,4

bisa dong.