Jawabanmu

2014-01-21T14:23:57+07:00
Masa kejayaan Dinasti Ayyubiyah adalah di masa kekhalifahan Salahudin Al-Ayyubi atau Saladin. Saladin adalah pendiri sekaligus khalifah pertama Dinasti Ayyubiyah. Ketika Saladin pertama kali ke Mesir dan melihat kepemerintahan di Mesir, ia memiliki dua ambisi besar, yaitu pertama menggantikan Syiah di Mesir dengan Sunni, kedua ia ingin memerangi orang Franka dalam Perang Suci. Sebelum pengangkatannya menjadi Khalifah oleh Dinasti Abbasiyah, ia telah menjabat sebagai menteri di pemerintahan Dinasti Fatimiyah. Namun setelah Khalifah terakhir Dinasti Fatimiyah, yaitu Nur Al-Din wafat, Saladin secara pribadi meminta kepada Khalifah Abbasiyah untuk melantiknya sebagai penguasa atas wilayah Mesir, Maroko, Nubia, Arab Barat, Palestina dan Syuriah Tengah.[2]             Saladin berhasil merebut Tiberias setelah melakukan peperangan selama enam hari pada 1 Juli 1187, yang kemudian disusul dengan Perang Hittin pada tanggal 3-4 Juli. Dalam  Perang Hittin, Saladin juga meraih kemenangan. Dalam perang ini, Saladin berhasil menahan Guy de Lesignan, raja Yerusalem, serta Reginald dari Chatillon, si perusak perdamaian. Kemenangan-kemenangan Saladin dalam perang tersebut menimbulkan kecemasan Paus, dan pemimpin-pemimpin Eropa lainnya, sehingga menimbulkan Perang Salib ketiga. Perang Suci ini berkesudahan dengan perjanjian perdamaian di Ramleh pada tahun 1192. Di antara syarat-syarat penting dalam perjanjian perdamaian itu ialah:[3] a.       Jerussalem tetap berada di tangan umat Islam, dan umat Kristen diijinkan untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci. b.      Orang-orang Salib akan mempertahankan partai Syria dari Tyre sampai ke Jaffa. c.       Umat Islam akan mengembalikan relics Kristen kepada umat Kristen.             Saladin bukan hanya terkenal dengan pahlawan perang, ia juga terkenal sebagai pengayom dan pelindung para sarjana. Ia menyokong pengembangan kajian teologi, membangun bendungan, menggali kanal, juga membangun sekolah dan masjid. Di antara bangunan dan monumennya yang masih bertahan hingga sekarang adalah Citadel di Kairo.
Jawaban paling cerdas!
2014-01-21T14:30:18+07:00