ada 2 macam sel di retina:
1. Di tepi retina mata manusia terdapat Sel Batang (Rod), membantu kita melihat dengan baik dalam gelap atau melihat cahaya terang tetapi tidak untuk membedakan warna dalam gelap.
mata adalah organ yang mendeteksi cahaya yang di lakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya gelap atau terang! di dalam organ mata terdapat kornea yang mendeteksi suatu cahaya dan menerima cahaya!! #maaf kalau salah :D

Jawabanmu

2014-04-19T19:17:29+07:00
1.     Di tepi retina mata manusia terdapat Sel Batang (Rod), membantu kita melihat dengan baik dalam gelap atau melihat cahaya terang tetapi tidak untuk membedakan warna dalam gelap.
2.    
Dalam sentral retina mata manusia ada 6.500.000 Sel Conus (Sel Kerucut) untuk menerima rangsang cahaya berwarna saat terang karena mengandung pigmen untuk menyeleksi warna cahaya merah, hijau, dan biru pada mata normal manusia. Mata normal dapat mencapur warna Red – Green – Blue, sebagai respon terhadap perbedaan panjang gelombang cahaya.
Untuk violet dan merah, panjang gelombang yang bisa diterima antara 397-723 miu m, untuk kuning 500 miu m. Malfungsi atau berkurangnya fungsi Sel Conus yakni “Komponen mata yang mengkonversi Energi Cahaya ke Energi Listrik Lalu ditransfer ke Otak Menyebabkan Terjadinya Buta Warna”.
2014-04-19T19:18:39+07:00
Karena ada sel tabung yang membantu kita melihat dengan baik dalam gelap atau melihat cahaya terang tetapi tidak untuk membedakan warna dalam gelap.

-Sel Conus (Sel Kerucut) untuk menerima rangsang cahaya berwarna saat terang karena mengandung pigmen untuk menyeleksi warna cahaya merah, hijau, dan biru pada mata normal manusia. Mata normal dapat mencapur warna Red – Green – Blue, sebagai respon terhadap perbedaan panjang gelombang cahaya.
Malfungsi atau berkurangnya fungsi Sel Conus yakni “Komponen mata yang mengkonversi Energi Cahaya ke Energi Listrik Lalu ditransfer ke Otak Menyebabkan Terjadinya Buta Warna”.dan jumlahnya krng lebih 6.500.000 Sel