Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-19T14:00:57+07:00
Contoh: Lumut

Tumbuhan lumut (Bryophyte) juga dikenal dengan istilah tumbuhan Perintis. Tumbuhan perintis artinya tumbuhan yang bisa membuka lahan hidup untuk organisme lain. Tumbuhan lumut (Bryophyta) merupakan tumbuhan peralihan antara Thallophyta danCormophyta, dimana Thallophyta adalah tumbuhan yang belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun. Sedangkan Cormophyta adalah tumbuhan yang sudah dapat dibedakan antara akar, batang dan daun. Bryophyte merupakan salah satu Devisio dari kingdom Plantae (dunia tumbuhan).

Ciri" lumut: Tumbuhan Lumut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Sudah memiliki buluh-buluh halus semacam akar yang disebut rizoid.b. Batang belum mempunyai pembuluh angkut (xylem dan floem)c. Sudah memiliki klorofil sehingga bersifat autotrofd. Mempunyai lapisan pelindung (kutikula dan gametangia)e. Terdapat gametangium (alat kelamin) yaitu antheridium dan arkegonium. Antheridiumadalah alat kelamin jantan yang menghasilkan spermatozoid, sedangkan arkegonium adalah alat kelamin betina yang menghasilkan sel telur (ovum).
Tumbuhan tingkat rendah tidak mempunyai jaringan pembuluh (tidak memiliki jaringan pengangkut, dan memiliki daun, batang, dan akar sejati), sehingga materi disalurkan dengan cara difusi antarsel. Contohnya bryophyta (lumut), Chara sp. (termasuk jenis Alga hijau pada kingdom protista mirip tumbuhan), pada kingdom fungi/jamur seperti mucor sp (jamur roti), dan rhizopus sp (jamur roti).
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
2014-04-19T14:02:22+07:00
Contohnya : tumbuhan lumut.

Karena tumbuhan lumut mempunyai ciri-ciri tumbuhan tingkat rendah (talofita) dan tumbuhan tingkat rendah (kormofita) jadi disimpulkan bahwa lumut merupakan tumbuhan peralihan dari talofita ke kormofita. 
Talofita: Akar, batang, dan daun tidak bisa dibedakan dengan jelas. Ikatan pembuluh tidak berfungsi dominan dalam penyaluran nutrisi tanaman. 
Kormofita: Akar, batang, dan daun sudah bisa dibedakan dengan jelas. Ikatan pembuluh berfungsi dominan dalam penyaluran nutrisi tanaman.