Jawabanmu

2014-04-19T09:29:30+07:00
Hambatan dalam proses produksi (suhu)Peningkatan suhu menyebabkan peningkatan aktivitas mikro-organisme dan enzim. Sebagai aturan praktis, untuk setiap kenaikan suhu 10°C, aktivitas meningkat dua kali. Aturan ini benar dalam kisaran suhu 0 sampai 60°C. Pada suhu di atas 60°C, mikro-organisme dan enzim dirusak atau tidak aktif. Tergantung pada kombinasi temperatur/waktu yang diterapkan (pasteurisasi, sterilisasi UHT, HTST), sebagian atau semua mikro-organisme rusak dan enzim tidak aktif. Namun, penting untuk dicatat bahwa spesies yang tahan panas dan spora dapat bertahan hidup dari  perlakuan panas.Penurunan suhu juga mengurangi aktivitas mikro-organisme dan enzim. Dalam kulkas (4 sampai 6°C) dan di dalam freezer (-15 sampai – 20°C), mikro-organisme kurang aktif atau tidak aktif sama sekali, tetapi mereka tidak hancur.

Hambatan dalam kemasan (udara/oksigen)
Dengan hati-hati memilih bahan kemasan dan proses pengemasan (kemasan atau kemasan vakum atmosfer termodifikasi), oksigen sebagai faktor pertumbuhan bisa dihilangkan. Perlu dicatat bahwa ada mikro-organisme anaerob yang hidup tanpa oksigen dan di antara ini adalah beberapa patogen makanan.

Hambatan dalam komposisi makanan (pH, Aw, acidulants dan pengawet)
Sebagaimana dinyatakan di atas, bahan-bahan berkualitas tertinggi, dengan serendah mungkin jumlah mikroba, harus digunakan. Selanjutnya komposisi makanan itu sendiri menciptakan lingkungan yang lebih atau kurang menarik untuk mikro-organisme dan membuat makanan lebih atau kurang rentan untuk pembusukan makanan.
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-19T11:03:12+07:00
Hambatannya jikan ada udara yang berlebihan
dan jika sudah terkena udara otomatis akan ada bakteri dari udara yang mengandung kotoran
jadikan yang terbaik ya ;)

1 5 1