Jawabanmu

2014-04-19T06:34:54+07:00
Pada dasarnya otak manusia terdiri atas lima bagian, yaitu :

1. Otak Besar ( Telencephalon, Cerebrum )
Otak besar dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Uniknya, kedua belahan otak ini bekerja secara berkebalikan. Belahan otak kiri mengatur fungsi tubuh bagian kanan, sebaliknya otak kanan mengatur fungsi tubuh bagian kiri. Setiap belahan otak tersebut terbagi menjadi empat lobus, yaitu frontal, pariental, okspital, dan temporal.

Secara garis besar, dapat dikatakan bahwa otak besar adalah pusat syaraf utama karena fungsinya yang sangat penting, seperti yang berkaitan dengan inteligensi, memori, kesadaran dan pertimbangan.

2. Diensefalon( Diencephalon, Interbrain )
Bagian Otak yang satu ini terdiri dari :
• Mid-diencephalic Territory
• Hipotalamus, yang merupakan pusat pengendalian waktu biologis, suhu tubuh dan sekresi hormon.
• Epitalamus
• Pretektum

3. Otak Tengah ( Mesencephalon ), terdiri dari :
• Tektum, yang memiliki syaraf pengatur proses pendengaran dan proses penglihatan.
• Cerebral Peduncle, yang terlibat dalam system homeostasis dan lintasan refleks.

4. Otak Belakang ( Myelencephalon, Metencephalon, Rhombencephalon )
Otak belakan terdiri dari jembatan varol, sumsum lanjutan dan otak kecil yang membentuk sebuah brainstem atau batang otak. Jembatan varol adalah syaraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil serta menghubungkan otak kecil dan otak besar. Sumsum lanjutan otak kecil memiliki fungsi yang lumyan signifikan, yaitu mengontrol saluran pernafasan, mengatur laju denyut jantung, pusat refleks fisiologi, tekanan udara, suhu tubuh dan lain- lain.

5. Otak Kecil ( Cerebellum )
Cerebellum adalah bagian terbesar dari otak belakang. Bagian otak ini terdiri dari dua belahan dan permukaannya berlekuk- lekuk. Fungsinya mengatur sikap dan posisi tubuh, keseimbangan dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar.

1 1 1
2014-04-19T06:40:33+07:00
Otak adalah pusat dari segala aktifitas yg dilakukan manusia.
Otak terbagi menjadi 5 bagian, yakni Otak besar (serebum), Otak tengah (mesenselafon), Otak kecil (serebelum), sumsung tulang belakang serta jembatan varol.