Tolong di jawab ya
Ady membeli 5 pulpen dan 4 pensil dengan harga Rp30.000 sedangkan wina membeli 2 pulpen dan 6 pensil dengan harga Rp23.000 jika tika membeli 3 pulpen dan 2 pensil,jumlah uang yg harus di bayar adalah ?

makasih

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-18T20:28:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dik
5x + 4y = 30.000
2x + 6y = 
23.000

Dit 2x + 3y ?

jawab.
5x + 4y = 30.000  l 2 l 10x + 8y = 60.000
2x + 6y = 23.000  l 5 l 10x + 30y = 115.000
                                ......................................   -
                                         - 22y = - 55.000
                                               y = 2500
nilai x = 5x + 4[2500]= 30.000 
             5x = 30.000 - 10.000
             5x = 20.000 
               x = 4.000

nilai  3x + 2y
     =  3 (4.000) + 2 (2500)
      = 12.000 + 5.000
      = 17.000
Jadi  jika tika membeli 3 pulpen dan 2 pensil,jumlah uang yg harus di bayar adalah Rp 17.000
itu bagian ditanyakan sehaarusnya 3x+2y
itu 10.00 dari mana ?
10.000 dari mana ?
4[2500] = 10.000
2014-04-18T20:35:00+07:00
Misal ;
x = pulpen
y = pensil

5 x + 4 y = 30.000 
2 x + 6 y = 23.000 


15 x + 12 y = 90.000
4 x + 12 y = 46.000


11 x = 44.000 
x     = 4.000 

2 x + 6 y
           = 23.000 
2 x 4.000 + 6y 
  = 23.000 
8.000 + 6y    
     = 23.000 
6y = 23.000 - 8.000 
6y= 15.000 
y= 15.000
/ 6      = 2.500 

Jadi 3 pulpen + 2 pensil  
= 3 x 4.000 + 2 x 2.500
 
= Rp
12.000 + Rp5.000 
= Rp
17.000 

Jadi jumlah uang yg harus di bayar adalah Rp17.000