Jawabanmu

2016-11-17T21:07:26+07:00
Bahasa Sunda dikenal sebagai bahasa yang kata-katanya banyak menggunakan huruf vocal "a". Hal tersebut juga mirip dengan bahasa Jawa, tetapi bedanya bahasa Jawa dikenal sebagai bahasa yang kata-katanya banyak menggunakan huruf vocal "o", sehingga tugas membuat kalimat tersebut juga bisa ditujukan untuk bahasa Jawa dengan huruf vocalnya "o" semua. Atau sebetulnya kata-kata dalam bahasa jawa juga banyak menggunakan huruf vocal "a" tapi dibaca sebagai huruf "o".

Adanya kemiripan antara kata-kata Sunda dan Jawa tidak mengherankan karena "hanacaraka" yang merupakan tulisan atau abjad jawa juga digunakan di Sunda, Madura dan Bali. Kembali ke tugas membuat kalimat, dalam bahasa Sunda harusnya bukan merupakan hal yang sulit untuk membuat contoh kalimat yang huruf vocalnya "a" semua, karena banyak sekali kata-kata di dalam bahasa Sunda yang huruf vocalnya "a" semua. Di bawah ini adalah 5 contoh kalimat bahasa Sunda yang huruf vocalnya "a" semua :

1. Bapa Karsa ngajakan barayana balanja ka mancanagara artinya kira-kira Bapa Karsa mengajak saudaranya belanja ke luar negeri.
2. Tatangga anyar kakara nganjang ka para warga artinya kira-kira Tetangga baru baru berkunjung ke para warga.
3. Naha kahayang saha kadaharan sagala aya artinya kira-kira Itu kemauan siapa makanan segala ada.
4. Naha anak saha sagala tatanya ka sasaha artinya kira-kira Itu anak siapa banyak bertanya ke siapa saja.
5. Hayam saha ngahakanan sagala kadaharan artinya kira-kira Ayam siapa makan segala makanan.
1 5 1