1.berikut bukan faktorpenyebab rakyat maluku mengadakan perlawanan pada VOC adalah....
a.VOC mengadu domba kerajaan tidore dan ternate
b.pelayaran hongi
c.penebangan cengkih dan pala yg merugikan rakyat maluku
d.aturan monopoli VOC menimbulkan banyak penderitaan rakyat

2.berikut yg bukan faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra oleh bangsa eropa adalah.....
a.semboyan 3G(gold,gospel,glory)
b.mencari daerah tempat tinggal yg baru
c.berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
d.munculnya teori yg menyebutkan bahwa bumi itu bulat
TOLONG DIBANTU JAWABANNYA YA KAK ....

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-18T15:49:33+07:00
Jawabannya adalah 
1 . a
2 ., b
makaasihh ya jawabannya
jadikan yang terbaikya
iya udah kok,,add aku ya
2014-04-18T15:51:33+07:00
1.c.penebangan cengkih dan pala yg merugikan rakyat maluku
2.d.munculnya teori yg menyebutkan bahwa bumi itu bulat
Add jdi yng trbaik y kaka
kalau benar ya deek,,km klas brapa
klas 8 smp kk...