Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-18T11:56:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Intinya sih ketidakadilan yang dirasakan masyarakat diwilayah tersebut.
Tapi selain itu
1. Penguasaan Sumber Daya
Sumber daya di bisa berarti SD Alam, Wilayah. Beberapa separatisme yang terjadi di Indonesia terjadi diawali dengan ketidakpuasan suatu kelompok terhadap pengelolaan SD yang ada di wilayahnya oleh penguasa yang ada.
2. Perbedaan cara pandang dalam pengelolaan kekuasaan
Ada kelompok yang cenderung ingin memisahkan diri karena ingin membentuk pemerintahan dengan sistem sendiri (bentuk maupun idiologinya.
3. Adanya kesadaran yang bersifat etnis/ldiologis sebagai pemilik sah suatu wilayah.
Contohnya suatu etnis asli di suatu daerah, yang kemudian merasa bahwa dirinya berhak berdiri sebagai sebuah bangsa merdeka bebas dari Pemerintah atau bergabung ke negara lain karena kedekatan etnis maupun religi.

makasih kaka :)
sama-sama, de. Tolong jawaban terbaik ya, soalnya saya mau naik level butuh 2 jawaban terbaik lagi. ;)
sipp dehh...
makasih, de. ;)
2014-04-18T11:57:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab munculnya gerakan separatisme di Indonesia seperti GAM, OPM dan RMS lebih disebabkan karena ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat di wilayah tersebut.
Aceh dan Papua adalah wilayah yang memiliki kekayaan alam melimpah berupa hasil tambang, namun masyarakatnya hidup dalam kemiskinan. Perusahaanperusahaan pertambangan asing yang beroperasi mengeruk harta kekayaan negeri ini di Aceh dan Papua adalah milik AS. Semestinya mereka ikut bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitar area konsesi usahanya tersebut.
Persoalannya sekarang adalah bagaimana cara pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh UUD 45 melalui pengelolaan kekayaan alam dan sistim ekonomi yang cocok untuk bangsa ini. Pada kenyataannya banyak pemimpin di negeri ini yang sudah terbius oleh sistem ekonomi kapitalis, yang merupakan akar dari terjadinya ketidakadilan ekonomi di seluruh dunia dan menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan, dimana pada akhirnya memicu terjadinya pergerakan separatis.