Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-18T10:41:45+07:00
1. Tubuh terbagi atau ruas-ruas (segmen), yang biasanya terkelompok menjadi dua atau tiga daerah yang nyata.
2. Terdapat pasangan-pasangan juluran yang beruas-ruas.
3. Tubuhnya simetris bilateral.
4. Bagian luar tubuh terdiri dari eksoskelet (kerangka luar) mengandung khitin, yang dapat mengelupas apabila tubuhnya berkembang.
5. Sistem alat pencernaan berupa saluran tubular (kurang lebih lurus), ada mulut dan anus.
6. Sistem peredaran darah terbuka, satu-satunya buluh darah yang ada berupa saluran lurus terletak di atas saluran pencernaan, yang di daerah abdomen mempunyai lubang-lubang di sebelah lateral.
7. Rongga tubuh berisi darah, disebut hemosul.
8. Sistem syaraf terdiri dari ganglion anterior yang merupkan “otak” terletak di atas saluran pencernaan, sepasang syaraf yang menghubungkan otak dengan syaraf sebelah ventral, serta pasangan-pasangan ganglion ventral yang dihubungkan satu dengan yang lain oleh urat syaraf ventral, berjalan sepanjang tubuh dari depan ke belakang di bawah saluran pencernaan.
9. Urat-urat dagingnya bergaris melintang.
10. Sistem pengeluaran (ekskresi) berupa saluran-saluran Malphigi yang bermuara di saluran pencernaan, limbah dikeluarkan melalui anus.
11. Respirasi berlangsung memakai insang, trakhea dan spirakel.
12. Tidak mempunyai silia atau nefridia.
13. Kelamin hampir selalu terpisah.
1 5 1
2014-04-18T10:44:29+07:00
Karakteristik anthropoda : 1. tubuh bersegmen/beruas. 2. memiliki kaki yg beruas-ruas 3. kelompok hewan yg jumlahnya plg besar 4. tubuhnya simetris bilateral 5. bagian luar tubuh mengandung khitin 6. sistem alat pencernaan berupa saluran tubular. 7. rongga tubuh berisi darah ( hemosul) 8. urat daging bergaris melintang 9. respirasi memakai insang, trakea, dan spirakel 10. kelamin hampir selalu terpisah 11. Sistem peredaran darah terbuka terletak di saluran pencernaan di daerah abdomen. 12. sistem ekskresi berupa saluran malphigi 13. sistem syaraf/otak terletak di atas saluran pencernaan.