Jawabanmu

2014-04-18T08:01:15+07:00
Koefisien muai panjang adalah suatu bilangan yang menyatakan rasio pertambahan panjang zat ketika suhunya/ temperaturnya naik satu satuan suhu. Satuan dalam sistem Internasional (SMU=System Measurement Unit) untuk koefisien muai panjang adalah (/K) atau K^-1 dengan dimensi [K]^-1. 
Contoh : Benda X yang panjangnya 1 meter (100 Cm) dan suhunya 30 derajad Celcius. Jika suhunya 32 derajad Celcius panjang benda X menjadi 100,4 cm. Maka koefisien muai panjang benda tersebut adalah (100,4-100) dibagi (32-30) K dibagi lagi dengan 100 cm=(0,4 cm/2K)/100 cm 
Hasilnya = 0,002 /K atau 2. 10^-3 K^-1 
Artinya : Benda X akan bertambah panjang sebesar 2. 10^-3 kali panjang semula setiap suhunya naik 1 satuan suhu. Jika suhunya turun yang terjadi adalah penyusutan atau pengurangan panjang benda. Koefisien muai panjang adalah karakteristik unik dari setiap zat
maaf y klo salah...
3 3 3
Jawaban paling cerdas!
2014-04-18T08:01:20+07:00
Pemuaian panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda karena menerima kalor. Pada pemuaian panjang, nilai lebar dan tebal sangat kecil dibandingkan dengan nilai panjang benda tersebut sehingga lebar dan tebal dianggap tidak ada. Contohnya benda yang hanya mengalami pemuaian panjang yaitu kawat kecil yang panjang.
rumusnya : L = Lo (1 + α . ∆t)
 ket :  L = panjang akhir ( m), L 0 = PANJANG MULA-MULA ( M) , delta L = pertambahan panjang( m) , alfa = koefisien muai panjang , delta t= kenaikan suhu
smoga bisa membantu ^_^
3 5 3