Jawabanmu

2014-04-17T21:38:13+07:00
Narkotika=menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa, menghilangkan nyeri&menyebabkan ketergantungan. Alkohol=minuman yang bisa menghilangkan kesadaran diri, membuat si peminum merasa seperti melayang. Psikotropika=menimbulkan kelainan tingkah laku disertai timbulnya halusinasi, ilusi dan gangguan cara berfikir, menyebabkan ketergantungan, menurunkan aktifitas otak. Zat adiktif=mengurangi aktifitas fungsional tubuh, membuat pemakainya terasa tenang dan pendiam, bahkan membuat tidur dan tidak sadarkan diri.

2014-04-18T00:15:08+07:00
Berdasarkan efek yang ditimbulkannya, napza dapat digolongkan ke dalam stimulan, depresan, dan halusinogen.

a. StimulanStimulan adalah zat yang merangsang sistem syaraf pusat, sehingga mempercepat proses-proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti meningkatnya detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Stimulan membuat orang lebih siaga dan menyembunyikan kelelahan. Contohnya antara lain kafein, nikotin, kokain, dan amfetamin.

b. Depresan menghasilkan aksi yang berkebalikan dengan stimulan. Depresan menurunkan kesadaran terhadap dunia luar dan berefek menidurkan. Depresan memperlambat proses tubuh dan otak, seperti menurunkan tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, dan kontraksi otot. Depresan digunakan dalam bidang kedokteran untuk terapi insomnia (sulit tidur) dan ketegangan. Contohnya adalah alkohol dan obat-obat penenang, seperti barbiturat.

c. HalusinogenHalusinogen adalah zat yang dapat mempengaruhi sistem syaraf dan menyebabkan halusinasi (khayalan). Pengguna zat ini mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Contohnya adalah LSA (Lysergic acid amide) dan LSD (Lysergic acid diethylamide).
1 4 1