tolong yaa!!!
Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan.
Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T20:33:15+07:00
-bayangan umbra (inti) adalah bayangan yang tidak dilalui cahaya.
-bayangan penumbra ( tambahan) adalah bayangan yang dapat dilalui cahaya (remang-remang)

semoga membantu... :)
2014-04-17T20:37:02+07:00
*Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan. *Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (benda ta tembus cahaya)
6 4 6