Sebuah benda dengan tinggi 4 cm bediri tegak sejauh 25 cm di depan cermin cekung yang mempunyai jarak fokus 20 cm. tentukan ?

a. letak bayang nya

b. perbesarannya

c. tinggi bayangnya .
buat diketahui,ditnya dan di jwb ?

2

Jawabanmu

2014-04-17T19:32:53+07:00
Dik=Ho: 4cm
So: 25cm
f: 20cm
Dit=a. letak bayang nya
b. perbesarannya
c. tinggi bayangnya .

Jawab:
a. letak bayangan= 1/f= 1/so+1/si
⇒1/20=1/25+1/si
1/si=1/100
si=100
b. perbesaran= si/so= 100/25= 4 kali
c. tinggi bayangan= si/so=hi/ho
100/25=hi/4= 16cm
sorry kalo salah ngitung, semoga bermanfaat

Dik.h=4cm
S=25cm
f=20cm
dit.a)s’
b)M
c)h’
penyelesaian
a) s’=sf/s-f = 25.20/25-20 = 500/5 = 100cm
b) M=s’/s = 100/25 = 4kali
c) karena M=h’/h, maka
h’=M.h
=4.4 = 16cm.
Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T19:40:46+07:00
Dik :  h_{o} = 4 cm
         s_{o} = 25 cm
        f = 20 cm
Dit : a.  s_{i} = ....?
       b. M = ....?
       c.  h_{i} = ....?
Peny :
a. 1/ s_{i} = 1/f - 1/ s_{o}
    1/ s_{i} = 1/20 - 1/25
    1/ s_{i} = 5/100 - 4/100
    1/ s_{i} = 1/100
     s_{i} /1 = 100/1
     s_{i}    =100cm
b. M =  s_{i}  s_{o}
        = 100 / 25
        = 4 kali
c.  h_{i} = M ×  h_{o}
           = 4 × 4
           = 16 cm

sekian dan terima kasih....=)
1 5 1