Tolonglah please jawab soal ini pilihannya A/B/C/D
Tolong dibantuu pake caranya yaa..
Suatu barisan geometri, diketahui U2 = 81, dan U4 = 9
Jumlah 9 suku pertama dari barisan tersebut adalah..
(A).274 4 (B).274 13 (C).364 4 (D).364 13
9 27 9 27

2

Jawabanmu

2014-04-17T17:58:39+07:00
U2 = 81, U4= 9
Ditemukan rasio = 1/3, jadi, U1 = 243

Karena r < 1, maka :
S₉ = a(1-r^n)/ 1-r

Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T18:24:12+07:00
U2=81=ar
u4=9=ar^3
a=u1

maka
ar^3=81
ar    =9
r      = 1/3

u2 = ar
81=a*1/3
a=243

sn =a(r^n -1) / r-1
s9 = 243 ((1/3)^9 -1) / 1/3-1
s9=364 13/27 (D)


maaf ya jalan cara nya singkat tapi bisa kamu jabarin lagi kok soalnya kalo aku jabarin kepanjangan. maaf berantakan