Jawabanmu

2014-04-17T16:06:51+07:00
Sejak abad ke-7 M, para pedagang Islam dari Arab, Persia, dan India telah mengambil bagian dalam kegiatan perdagangan di Indonesia. Hal ini menimbulkan jalinan hubungan dagang antara masyarakat Indonesia dan para pedagang Islam. Di samping berdagang, para pedagang Islam juga menyampaikan dan mengajarkan agama serta budaya Islam kepada orang lain. Dengan cara tersebut, banyak pedagang Indonesia yang memeluk agama Islam dan mereka itu pun menyebarkan agama dan budaya yang baru dianutnya kepada orang lain. Dengan demikian, secara bertahap agama dan budaya Islam tersebar dari pedagang Arab, Persia, India kepada masyarakat Indonesia.
Proses Islamisasi melalui perdagangan sangat menguntungkan dan lebih efektif dari cara-cara lainnya. Apalagi yang terlibat dalam perdagangan bukan hanya masyarakat yang berasal dari golongan bawah, melainkan juga golongan atas seperti kaum bangsawan atau para raja.

2014-04-17T16:09:49+07:00
Islam masuk melalui perdangangan.pada abad ke-7,pengaruh islam masuk melalui jazirah arab dan pada abad ke-13 masehi terjadi perdagangan dari gujarat(india) dengan membawa pengaruh islam di indonesia.para pedagang singgah terlebih dahulu dan terjadi perkawinan antara pedagang dan wanita indonesia.saat itulah islam menyebar dan diterima dengan baik oleh masyarakat indonesia